Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Half Marathon Asia 2024

Indonesia akan terlibat bidding pekan depan

Jakarta, IDN Times - Indonesia membuka peluang untuk menjadi tuan rumah Half Marathon Asia 2024.

Ajang ini berpotensi menjadi gelaran internasional selanjutnya yang dihelat di tanah air. Sebab, proses bidding akan dihelat pada pekan depan.

Rencana ini disampaikan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam acara roadshow jelang Jakarta Run 2023 di Gelora Bung Karno, Minggu (8/10/2023). Jakarta sudah menyatakan kesiapannya.

"Tadi, Pak Tigor (Sekjen PASI) menyampaikan bahwa akan ada Half Marathon Asia (2024). Harapan saya, DKI bisa menjadi tuan rumah dan saya minta BTN jadi sponsor utama dan sudah siap," ujar Heru.

1. Dibenarkan oleh PASI

Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Half Marathon Asia 2024IDN Times/Dhana Kencana

Sekretaris Jendral (Sekjen) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Tigor Tanjung membenarkan ucapan dari Heru ini. Dia berujar, Half Marathon Asia 2024 akan dihelat pada November 2024 mendatang.

"Tadi saya sudah sampaikan ke Pak Gubernur (Heru Budi), kalau kita berminat (menjadi tuan rumah), tentu ktia harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya soal penutupan jalan. Kalau yang lain, saya rasa infrastruktur Jakarta sudah bagus," ujar Tigor.

Baca Juga: Pemprov DKI Siap Beri Dukungan untuk Jakarta Run 2023

2. Indonesia tetap harus melalui bidding

Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Half Marathon Asia 2024ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Tigor mengatakan, agar bisa menjadi tuan rumah Half Marathon Asia 2024, Indonesia tetap harus melakukan bidding. Indonesia bakal bersaing dengan negara-negara Asia Tenggara lain macam Malaysia dan Thailand yang juga sama-sama berminat.

"Bidding pekan-pekan ini, ya kita lobi lah. Yang penting syaratnya rutenya harus memenuhi standar, kan ada survei dan pengukuran. Saya juga lihat antusiasme dari Pak Gubernur (DKI Jakarta), saya merasa kita bisa kok (jadi tuan rumah)," ujar Tigor.

3. Half Marathon Asia dihelat di beberapa negara besar

Indonesia Berpotensi Jadi Tuan Rumah Half Marathon Asia 2024Para pelari mengikuti gelaran Borobudur Marathon 2022 di Kabupaten Magelang, Minggu (13/11/2022). (dok. Borobudur Marathon)

Untuk tahun 2023 ini, Half Marathon Asia dihelat di beberapa negara besar, baik itu di Asia Barat, Timur, dan Tengah. Tigor memastikan Indonesia bakal berjuang keras agar bisa memenangi bidding untuk ajang tersebut.

"Tahun ini, (Half Marathon Asia) diselenggarakan di Dubai, jadi negara-negara Asia Barat dan Timur Tengah pasti berminat jadi tuan rumah tahun depan. Kita akan berusaha semaksimal mungkin, Indonesia bisa jadi tuan rumah tahun depan," kata Tigor.

Baca Juga: Pj Gubernur Heru dan Menhub Buka Jakarta Half Marathon 2023 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya