Indonesia Cetak Rekor Penonton Piala Dunia Basket 2023

Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia sangat meriah

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia Basket yang digelar di Indonesia Arena, 25 Agustus hingga 3 September 2023, mencatatkan rekor penonton terbanyak di fase grup. Jumlah ini lebih tinggi di antara laga grup di Jepang dan Filipina, hingga membuat FIBA kaget.

Berdasarkan hasil data penjualan tiket selama 10 hari penyelenggaraan, jumlah penonton dua fase grup Piala Dunia Basket 2023 di Jakarta mencapai 139.032. Jika ditambah dengan tamu FIBA, sponsor, dan undangan, maka jumlah penonton bisa mencapai hampir 150 ribu orang.

1. Dua laga grup catatkan rekor penonton terbanyak

Indonesia Cetak Rekor Penonton Piala Dunia Basket 2023Spanyol lawan Kanada di Piala Dunia Basket 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ada dua pertandingan grup Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia yang mencatatkan jumlah penonton terbanyak. Keduanya adalah partai pembuka dan penutupan fase penyisihan grup kedua kualifikasi grup.

Di laga pembuka penyisihan Grup H yang mempertemukan Kanada dan Prancis dihadiri oleh 12.091 penonton. Sementara, pertandingan yang ditonton secara langsung terbanyak ada di laga pamungkas fase kedua Grup L antara Kanada kontra Spanyol, dengan jumlah 13.146 penonton.

Sejak awal, dibukanya pembelian tiket Piala Dunia Basket 2023, laga Kanada dan Spanyol memang paling diburu. Bahkan, saat pelaksanaan hari pertama pertandingan fase grup, seluruh tiket pertandingan untuk laga Kanada dan Spanyol telah sold out.

Baca Juga: FIBA Puji Penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 Indonesia

2. Latvia beri kejutan soal penonton

Indonesia Cetak Rekor Penonton Piala Dunia Basket 2023Latvia lawan Spanyol di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Latvia juga menghadirkan kejutan di Piala Dunia Basket 2023 soal penonton. Walaupun jumlah penjualan tiket tidak sebanyak laga Kanada dan Spanyol, tetapi fans Latvia juga memeriahkan seluruh pertandingan timnya.

Uniknya lagi, mayoritas fans Latvia datang langsung dari negaranya ke Jakarta. Ada yang terlebih dahulu singgah di Bali, atau langsung ke Jakarta. Kehadiran mereka memeriahkan Indonesia Arena setiap Latvia berlaga.

3. Erick klaim FIBA kaget

Indonesia Cetak Rekor Penonton Piala Dunia Basket 2023Erick Thohir Meninjau venue FIBA Basketball World Cup 2023 & pengecekan persiapan pembukaan serta menyapa Timnas Spanyol di Indonesia Arena (dok. Istimewa)

FIBA Board Member, Erick Thohir, mengapresiasi pencapaian dari pelaksanaan Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia. Menurutnya dengan disiarkannya pertandingan di Indonesia Arena ke seluruh dunia, dapat menjadi promosi bagi Indonesia.

"FIBA pun memuji penyelenggaraan di Indonesia. Mereka terkaget-kaget karena bagus sekali. Lalu, yang juga mendapatkan apresiasi adalah jumlah penonton Indonesia mencapai lebih dari 139 ribu, ini luar biasa. Masih paling tinggi di antara pertandingan (penyisihan grup Piala Dunia Basket 2023) di Jepang dan Filipina," ujar Erick.

Baca Juga: Indonesia Arena, Rumah bagi Latvia di Piala Dunia Basket 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya