Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Paragames 2022

Vietnam mundur sebagai tuan rumah ASEAN Paragames 2022

Jakarta, IDN Times - Spekulasi mengenai gelaran ASEAN Paragames 2022 mulai menemukan titik terang. Vietnam sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai tuan rumah ASEAN Paragames. Hal ini tak luput dari pandangan Indonesia.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun, menyebut bahwa Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022. Saat ini, NPC Indonesia masih menunggu surat dukungan dari pemerintah atau Presiden.

“Intinya kita siap untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 jika nantinya ditunjuk oleh Federasi Para Sports Asia Tenggara,” ujar Senny dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Menhub: RI Siap Jadi Tuan Rumah Pertemuan Menteri Transportasi ASEAN

1. Presiden disebut mendukung Indonesia jadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Paragames 2022ANTARA FOTO/Maulana Surya

Senny mengaku telah membicarakan mengenai rencana ini kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hal tersebut dibicarakan saat Senny mendampingi Presiden menyaksikan pertandingan final para bulu tangkis Peparnas 2021 di Papua.

“Saya telah membicarakan keinginan kita kepada Presiden Joko Widodo. Secara lisan Presiden sangat mendukung rencana Indonesia menjadi tuan rumah APG 2022 menggantikan Vietnam,” ujar Senny.

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Konvensi Minamata, Bahas Penghapusan Merkuri

2. Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Paragames 2022Paragames

Bekal Indonesia untuk jadi tuan rumah juga cukup apik. Pada 2018 lalu, Indonesia pernah menjadi tuan rumah ajang serupa, tetapi dalam skala yang lebih besar, yakni Asian Paragames 2018.

Kala itu, ada 43 negara yang bertanding di Indonesia, mulai dari 6 sampai 13 Oktober 2018. China keluar menjadi juara umum dengan raihan total 319 medali, dengan Korea Selatan sebagai runner-up dengan torehan 144 medali.

3. Vietnam mengundurkan diri sebagai tuan rumah ASEAN Paragames 2022

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Paragames 2022asianparagames2018.id

Vietnam Paralympic Associaton (VPA) Vietnam telah mengirim surat resmi yang ditujukan kepada Presiden ASEAN Para Sports Federation (APSF), Osoth Bhavilai. Surat tersebut berisikan penjelasan tentang pelaksanaan ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022

Dalam surat tertanggal 11 November 2021 yang ditandatangani oleh Presiden NPC Vietnam / VPA, Huynh Vinh Ai, Vietnam memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan APG 2022 karena tingginya gelombang keempat penyebaran COVID-19 di Vietnam.

Selain masih tingginya kasus aktif COVID-19 di Vietnam, VPA juga melihat kasus COVID-19 di negara-negara anggota APSF juga masih tinggi sehingga memutuskan untuk tidak menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022.

Baca Juga: Pencapaian Atlet Indonesia di 5 Gelaran Paralimpiade Terakhir

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya