Ini Susunan Pengurus PBSI, Ada Nama Kapolda Metro Jaya Fadil Imran

Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo juga masuk kepengurusan

Jakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) secara resmi mengumumkan susunan kepengurusan untuk masa jabatan 2020-2024. Dalam kepengurusan kali ini, banyak kalangan yang dirangkul oleh PBSI, mulai dari Kapolda hingga Kabareskrim Polri.

Dilansir situs resmi PBSI, pengumuman kepengurusan ini dilaksanakan di Hotel Ayana, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Dalam kepengurusan kali ini, banyak nama-nama baru bermunculan, termasuk mantan-mantan pebulutangkis nasional.

Ada Taufik Hidayat yang menjabat Staf Ahli Pembinaan dan Prestasi serta Ricky Soebagja sebagai Subid Pengembangan Prestasi Daerah. Pelatih Kepala Tunggal Putri PBSI, Rionny Mainaky, tercantum sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, menggantikan Susy Susanti.

"Setelah kami melakukan profiling dan komunikasi yang intens dengan berbagai klub bulu tangkis besar, akhirnya kita punya beberapa profil. Nah beberapa profil ini yang dianggap punya kemampuan dan visi misi sejalan dengan kami, dapat bekerja sama dengan kami, dan chemistry-nya sudah ada," ujar Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna.

1. Ada nama Fadil Imran dan Listyo Sigit Prabowo

Ini Susunan Pengurus PBSI, Ada Nama Kapolda Metro Jaya Fadil ImranPengurus PBSI 2020-2024 (Dok. PBSI)

Di tengah nama-nama baru dalam kepengurusan PBSI periode 2020-2024, muncul dua nama yang menarik perhatian. Mereka adalah Fadil Imran dan Listyo Sigit Prabowo. Keduanya adalah orang dari kepolisian.

Fadil, yang diberi posisi sebagai staf khusus ketua umum, kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Sedangkan Listyo Sigit Prabowo, yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBSI, saat ini masih menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

Meski demikian, Agung memastikan bahwa keduanya dapat membagi tugas dengan baik, terlepas dari tugas dan tanggung jawabnya di kepolisian. Ia malah sempat ingin memilih nama Idham Azis sebagai Sekjen PBSI.

"Sibuk bukan alasan orang direkrut menjadi ketua umum atau sekretaris jenderal. Yang kami lihat, salah satu organisasi publik di mana bulu tangkis berkembang menjadi hobi itu ada di kepolisian," ujar Agung.

Baca Juga: Sambut Ketum Baru PBSI, Ini Harapan Kevin Sanjaya 

2. Target Rionny Mainaky selaku Kabid Binpres PSSI

Ini Susunan Pengurus PBSI, Ada Nama Kapolda Metro Jaya Fadil ImranPengurus PBSI 2020-2024 (Dok. PBSI)

Untuk nama Kabid Binpres, Agung punya alasan tersendiri kenapa akhirnya ia memilih Rionny Mainaky. Menurutnya, Rionny punya pengalaman melatih yang mumpuni, baik di dalam maupun luar negeri. Rionny bahkan sempat melatih Timnas Jepang.

"Kami mau mencari profil pelatih yang punya kemampuan internasional, sejalan dengan visi misi kami serta bisa bekerjasama dengan kami. Rionny sudah 23 tahun berpengalaman melatih di Jepang, baik sebagai pelatih klub maupun tim nasional Jepang, dan sudah terbukti mengangkat prestasi tim bulu tangkis Jepang," ujar Agung.

Dengan Rionny yang menjadi Kabid Binpres, maka pertanyaan muncul. Akankah Rionny masih tetap menjabat sebagai pelatih kepala tunggal putri PBSI? Menjawab pertanyaan tersebut, Agung mengaku akan melakukan evaluasi terlebih dahulu.

"Kami akan dengarkan bagaimana rencana pengembangannya. Yang sekarang profilnya sudah kita dapatkan. Tetapi, soal detail bagaimana susunan pelatih kan informasi pelatihnya perlu kita dapatkan dulu, termasuk target-target maan yang akan kita kembangkan dan strateginya seperti apa," ujar Agung.

3. Agung bersama jajaran pengurus bersiap menyambut 2021

Ini Susunan Pengurus PBSI, Ada Nama Kapolda Metro Jaya Fadil ImranPengurus PBSI 2020-2024 (Dok. PBSI)

Dengan terbentuknya susunan kepengurusan baru, Agung bersama jajaran pengurus pun sudah siap bekerja. Mereka akan segera menentukan target dan strategi yang akan diterapkan pada 2021 mendatang.

Tantangan yang akan dihadapi tahun depan oleh Indonesia terbilang berat. Indonesia harus mengembalikan lagi supremasi di dunia bulu tangkis Indonesia, yang saat ini mulai digoyang oleh beberapa negara.

"Kami akan evaluasi terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil terbaik," ujar Agung.

Baca Juga: Sambut Ketum Baru PBSI, Ini Harapan Kevin Sanjaya 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya