Jalan Terjal Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

Indonesia bersua lawan-lawan berat

Jakarta, IDN Times - Undian grup FIBA Asia Cup 2022 rampung terlaksana pada Jumat (18/2/2022) di Jakarta. Timnas Basket Indonesia selaku tuan rumah harus melalui jalan yang lumayan terjal.

Indonesia dipastikan berada satu grup dengan Australia, Yordania, dan Arab Saudi. Tim-tim ini bukan lawan mudah bagi Indonesia, karena mereka semua punya sejarah yang mentereng di FIBA Asia Cup.

1. Arab Saudi pernah jadi tim ketiga terbaik

Jalan Terjal Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022IDN Times/Hasudungan

Arab Saudi memiliki sejarah yang cukup panjang di FIBA Asia Cup. Total, mereka sudah mengikuti ajang ini sebanyak sembilan kali, dari 30 perhelatan FIBA Asia Cup sejak 1960 silam.

Dari sembilan kali keikutsertaan itu, Arab Saudi punya prestasi yang lumayan. Mereka pernah menduduki peringkat ketiga dalam FIBA Asia Cup 1999, dan jarang terlempar dari posisi 10 besar.

Satu momen ketika mereka terlempar dari posisi 10 besar terjadi pada gelaran FIBA Asia Cup 2013. Ketika itu, mereka menduduki peringkat 13. Kini, Arab Saudi sudah kembali berbenah. Dengan kompetisi lokal yang konsisten, mereka siap menggebrak lagi di FIBA Asia Cup 2022.

Baca Juga: [BREAKING] Indonesia Masuk Grup A FIBA Asia Cup 2022

2. Yordania pernah jadi runner-up FIBA Asia Cup

Jalan Terjal Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022Goggle

Sama dengan Arab Saudi, Yordania juga punya sejarah panjang keikutsertaan di FIBA Asia Cup. Total, mereka ikut 16 kali dari 30 perhelatan FIBA Asia Cup sejak 1960 silam.

Hebatnya, Yordania pernah menduduki peringkat tiga dan menjadi runner-up FIBA Asia Cup. Mereka masuk peringkat tiga pada 2009 silam, dan sukses menjadi runner-up pada 2011. Kala itu, mereka kalah tipis dari China di partai final.

Kini, Yordania siap menggebrak lagi di FIBA Asia Cup 2022. Berbekal sosok Dar Tucker yang main di Argentina, plus pemain-pemain lokal ciamik, Yordania punya potensi untuk menyulitkan Indonesia.

3. Australia, sekali ikut langsung juara

Jalan Terjal Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022Timnas Basket Australia (pickandroll.com.au)

Sejak 1960 sampai 2015, Australia memang tidak ikut FIBA Asia Cup. Namun, begitu ikut serta pada 2017, Australia langsung menggebrak. Mereka sukses menjadi juara, menyamai raihan China, Filipina, Iran, Korea Selatan, dan Jepang, yang pernah juara sebelumnya.

Australia memang tidak bisa dianggap remeh. Dalam Piala Dunia Basket 2019 saja, mereka sukses masuk peringkat keempat. Mereka juga sukses menembus semifinal Olimpiade dua kali berturut-turut, yakni pada 2016 dan 2020.

Tak heran Australia bisa berprestasi sedemikian rupa. Mereka diperkuat oleh para pemain yang mentas di NBA, seperti Patty Mills, Josh Green, Joe Ingles, Matisse Thybulle, Dante Exum, dan Aron Baynes. Mereka layak diperhitungkan di FIBA Asia Cup 2022.

4. Tantangan tersendiri bagi Indonesia

Jalan Terjal Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022IDN Times/Hasudungan

Lawan-lawan berat di fase grup FIBA Asia Cup 2022 ini jadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Belum lagi, jika kelak mereka lolos fase grup, akan bersua lagi dengan tim-tim legendaris macam Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Filipina.

FIBA Asia Cup 2022 akan dihelat di Jakarta pada 12 sampai 24 Juli 2022. Nantinya, Indonesia wajib masuk delapan besar agar bisa mengikuti Piala Dunia Basket 2023 yang akan dihelat di Jepang, Filipina, dan Indonesia, 25 Agustus sampai 10 September 2023.

Baca Juga: IBF 2022 Jadi Momen Tumbuhkan Euforia FIBA Asia Cup 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya