Kapolri Sebut Kegiatan Olahraga di Indonesia Bisa Terlaksana 

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, kegiatan olahraga di Indonesia, termasuk Liga 1 dan kompetisi lain bisa terlaksana. Namun, perlu ada kesepakatan lebih lanjut menyoal kegiatan olahraga tersebut.

"Namun demikian juga kegiatan yang terkait dengan kepemudaan dan olahraga bisa dilaksanakan. Tentunya perlu ada kesepakatan-kesepakatan, kesepakatan yang apabila kemudian itu dilanggar itu akan berdampak kepada terlaksananya kegiatan tersebut," ujar Listyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Senin (8/2/2021).

1. Kegiatan olahraga bisa terlaksana, asal ...

Kapolri Sebut Kegiatan Olahraga di Indonesia Bisa Terlaksana Menpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Listyo mengungkapkan, kesepakatan yang dimaksud menyoal penyelenggaraan kompetisi olahraga itu merupakan perihal penerapan protokol kesehatan. Ia ingin jika nantinya kompetisi berjalan, protokol yang ketat bisa diterapkan.

"Di sisi lain, kegiatan-kegiatan kepemudaan, kegiatan kemasyarakatan, dan kegiatan olahraga yang tentunya itu harus juga bisa dilaksanakan. Namun dengan tetap memperhatikan bagaimana disiplin terkait dengan protokol kesehatan," ujar pria berusia 51 tahun itu.

Baca Juga: Temui Kapolri, Menpora Minta Izin Liga I Tetap Digelar

2. Polri buka diskusi dengan Kemenpora soal izin kompetisi

Kapolri Sebut Kegiatan Olahraga di Indonesia Bisa Terlaksana Menpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Terlepas dari syarat yang diajukan, Listyo memastikan, Polri membuka pintu bagi Kemenpora berdiskusi perihal penyelenggaraan kompetisi olahraga ini. Polri juga siap membantu membicarakan hal-hal yang bersifat administrasi bersama Kemenpora.

"Oleh karena itu, kami tadi sudah berdiskusi dan tentunya kami dari kepolisian membuka ruang untuk dibicarakan lebih lanjut terkait dengan hal-hal yang perlu disiapkan baik yang bersifat administrasi. Penegakan aturan terkait dengan protokol kesehatan ini yang nanti tentunya akan kita bicarakan secara detail dan intensif," ujar Listyo.

3. Menpora siap bantu penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia

Kapolri Sebut Kegiatan Olahraga di Indonesia Bisa Terlaksana Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. IDN Times/Panji Galih Aksoro

Zainudin sebelumnya mengungkapkan, Kemenpora siap membantu cabang olahraga dalam hal penyelenggaraan kompetisi di masa pandemik COVID-19 ini.

Dalam acara webinar bertajuk "Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi", Zainudin mengungkapkan siap berkomunikasi lebih lanjut dengan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, perihal penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia.

"Tadi di Istana saya sudah ketemu Kapolri, satu dua hari ini saya segera berkoordinasi dengan beliau, dan beliau menyambut baik (soal penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia)," ungkap Zainudin, Rabu, 3 Februari 2021.

Baca Juga: LIB Siap Matangkan Protokol Kesehatan demi Izin Liga 1 dan Liga 2 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya