Kemenpora Gelar Coaching Financial Planning untuk Atlet

Bentuk pendidikan bagi atlet

Jakarta, IDN Times - Kemenpora bekerja sama dengan aplikasi investasi keuangan Bibit.id dan para pakar finansial menyelenggarakan Coaching Financial Planning, berjudul "Dalam Atlet yang Hebat Terdapat Finansial yang Sehat".

Acara ini digelar secara hybrid pada Senin (19/6/2023) di Wisma Menpora. Acara ini dilaksanakan sebagai langkah konkret Kemenpora untuk membantu para atlet dalam edukasi pengelolaan keuangan mereka.

1. Senada dengan pesan dari Presiden Jokowi

Kemenpora Gelar Coaching Financial Planning untuk AtletKirab Juara SEA Games 2023. (Dok. Kemenpora)

Upaya menggelar pelatihan finansial planning bagi atlet ini senada dengan pesan dari Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pada 5 Juni 2023 lalu saat memberikan bonus kepada para peraih medali di SEA Games 2023.

Kala itu, Presiden Jokowi berpesan agar bonus ini digunakan hal-hal produktif dan jangka panjang. Sebuah pesan yang apik memang, mengingat atlet-atlet peraih medali di SEA Games 2023 berusia di bawah 25 tahun.

"Kami merasa penting menggandeng Bibit dan rekan-rekan pakar finansial untuk memberikan edukasi dan literasi keuangan agar seluruh atlet dan official tim dapat memanfaatkan momentum ini untuk berinvestasi," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Rincian Bonus SEA Games 2023 untuk Tim Indonesia, Total Rp289 M!

2. Apa saja isi dari acara pelatihan financial planning ini?

Kemenpora Gelar Coaching Financial Planning untuk AtletKemenpora gelar pelatihan financial planning untuk atlet. (Dok. Kemenpora)

Melalui acara ini, para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya mengelola keuangan dengan baik, merencanakan masa depan finansial, dan membangun kebiasaan yang sehat dalam hal keuangan.

Tidak cuma itu, mereka juga berinteraksi langsung dan belajar tentang strategi investasi yang cerdas untuk memanfaatkan pendapatan mereka dengan maksimal bersama para pembicara yang terdiri dari pakar keuangan, penasihat investasi, dan para profesional.

Dimoderatori oleh Felicia Putri sebagai Investment Storyteller, Coaching Financial Planning ini juga menghadirkan narasumber dari Direktur Surat Utang Negara Kemenkeu RI Deni Ridwan, Principal Consultant & CEO ZAP Finance Prita Ghozie, dan Head of Investment Research Bibit & Stockbit Vivi Handoyo Lie.

3. Jadi sebuah program Kemenpora yang berkelanjutan

Kemenpora Gelar Coaching Financial Planning untuk AtletKemenpora gelar pelatihan financial planning untuk atlet. (Dok. Kemenpora)

Menpora Dito berharap, kolaborasi ini dapat berlangsung secara berkelanjutan, sebagai bentuk komitmen Kemenpora untuk mendukung para atlet dan kesejahteraan mereka di masa depan. Dia juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung acara ini.

"Ini adalah langkah konkrit kami sesuai dengan arahan Pak Presiden, dan salah satu bentuk komitmen Kemenpora untuk terus mendukung kesejahteraan para atlet," ujar Dito.

Baca Juga: Jokowi Kucurkan Bonus ke Peraih Medali di SEA Games Rp289 M

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya