Kesaksian Alex Rins saat Motornya Terbakar di MotoGP Mandalika

Motor Alex Rins sempat keluarkan percikan api

Jakarta, IDN Times - Sebuah insiden yang mengejutkan dialami Alex Rins di sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Mandalika, Sabtu (19/3/2022). Ketika sedang nikmat-nikmatnya mengendarai motor, tiba-tiba percikan api keluar dari motornya.

Alhasil, tanpa pikir panjang, Rins langsung melompat dari motornya untuk menyelamatkan diri. Bendera merah pun dikibarkan marshal, pertanda kondisi darurat tengah terjadi di sirkuit. Rins pun menceritakan pengalamannya.

1. Alex Rins mengira motornya akan meledak

Kesaksian Alex Rins saat Motornya Terbakar di MotoGP MandalikaAlex Rins, pembalap Suzuki. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Rins mengira motornya akan meledak. Ketika percikan api itu ada, timbul bisikan di kepalanya, yang mengatakannya harus segera lompat dari motor. Beruntung, kondisinya sekarang tidak apa-apa.

"Ketika saya melihat ada api di motor, jujur itu adalah momen menakutkan. Ada bisikan yang bilang, saya harus lompat, karena bisa saja motornya meledak. Beruntung, kondisinya sekarang baik-baik saja," ujar Rins, dalam sesi jumpa pers virtual, Sabtu (19/3/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Motor Alex Rins Terbakar di Tikungan 13 Sirkuit Mandalika

2. Masalahnya ada pada pipa oli motor

Kesaksian Alex Rins saat Motornya Terbakar di MotoGP MandalikaPembalap Team Suzuki Ecstar Alex Rins memacu sepeda motornya di depan pembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Rins menjelaskan kenapa sampai ada percikan api di motornya itu. Penyebab utamanya adalah masalah di pipa oli motor. Pada awalnya, masalah ini tidak terasa, sampai akhirnya, motor Rins mengeluarkan percikan api.

"Ada masalah di pipa oli motor. Di tikungan 10, saya memang sempat menikung terlalu dalam. Awalnya, saya mengira masalah ada di ban. Kondisi ban tidak apa-apa, ternyata masalahnya merembet ke pipa oli," ujar Rins.

3. Alex Rins impresif di kualifikasi

Kesaksian Alex Rins saat Motornya Terbakar di MotoGP MandalikaAlex Rins pada balapan GP Amerika (motogp.com)

Masalah di FP4 tidak menjadikan Rins tampil buruk di kualifikasi. Dia sukses mengunci start di posisi delapan. Dia bahkan jauh mengungguli Mir yang harus rela start dari posisi 18.

"Kami harus start dengan baik dan harus berada di depan secepat mungkin. Karena, menyusul di sirkuit ini bukanlah pekerjaan mudah. Namun, tenang saja, saya sekarang sudah lebih kuat," ujar Alex Rins.

Baca Juga: Mandalika Punya Sedikit Titik Pengereman, Duel MotoGP Bakal Seru

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya