Luar Biasa! Luka Doncic Catatkan Sejarah di EuroBasket

Doncic cetak 47 poin di laga lawan Prancis

Jakarta, IDN Times - Luka Doncic kembali menunjukkan sinarnya di ajang EuroBasket 2022. Setelah membawa Slovenia menumbangkan Jerman, sekarang pemain Dallas Mavericks itu membawa negaranya menumbangkan Prancis.

Dalam laga yang dihelat pada Rabu (7/9/2022), Slovenia berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 88-82. Doncic menggila di laga ini dengan mencetak 47 poin. Torehannya ini membawa Doncic pada sejarah.

Doncic resmi jadi pemain kedua dengan torehan poin terbanyak dalam satu laga sepanjang sejarah EuroBasket. Kemenangan atas Prancis ini juga membawa Slovenia lebih dekat ke fase gugur EuroBasket 2022.

1. Pujian dari lawan sekaligus kompatriot di NBA

Luar Biasa! Luka Doncic Catatkan Sejarah di EuroBasketLuka Doncic (nba.com)

Penampilan Doncic ini mendapatkan apresiasi dari sesama kompatriotnya di NBA, Rudy Gobert. Lawan Doncic di EuroBasket 2022 itu memuji penampilan Doncic, dan menyebutnya sebagai pemain yang fantastis.

"Perlu digarisbawahi, Luka (Doncic) adalah pemain yang fantastis," ujar Gobert dilansir ESPN FC.

Baca Juga: Luka Doncic, Bintang Masa Depan Dallas Mavericks Asal Slovenia

2. Raihan Doncic yang tidak normal

Luar Biasa! Luka Doncic Catatkan Sejarah di EuroBasketpotret Luka Doncic (thesportsrush.com)

Selain dari lawan, pujian bagi Doncic juga datang dari pelatihnya sendiri, Aleksander Sekulic. Menurutnya, di laga lawan Prancis ini, Doncic mempertontonkan lagi performa kelas dunia, di hadapan kawan dan rekannya.

"Luka (Doncic) melewati malam yang luar biasa. Dia benar-benar mengejutkan kami lagi. Torehannya ini (47 poin dalam satu laga) itu normal, tetapi sejatinya bagi orang lain, itu adalah sesuatu yang di luar nalar," ujar Sekulic.

3. Slovenia sukses balas dendam

Luar Biasa! Luka Doncic Catatkan Sejarah di EuroBasketLuka Doncic (nba.com)

Kemenangan di EuroBasket 2022 ini jadi momen pembalasan dendam bagi Slovenia. Sebab, di semifinal Olimpiade Tokyo 2020, mereka tumbang di tangan Prancis dan gagal meraih medali emas.

Sedangkan bagi Luka Doncic sendiri, catatan 47 poin dalam satu laganya ini masih jauh dari catatan Eddy Terrace. Pada EuroBasket 1957, Terrace berhasil mencetak 63 poin, saat Belgia menggulung Albania.

Baca Juga: Menilik Aksi Bintang-Bintang NBA di Ajang EuroBasket 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya