Comscore Tracker

Menilik Proses Evolusi Ducati Selama 10 Tahun Terakhir

Ducati berkembang jadi lebih nyaman

Jakarta, IDN Times - Laiknya pabrikan-pabrikan MotoGP lainnya, Ducati juga mengalami perubahan. Selama 10 tahun terakhir, evolusi terjadi dalam tubuh pabrikan asal Italia tersebut.

Kini, Ducati jadi salah satu pabrikan yang diperhitungkan di arena MotoGP. Musim lalu, mereka menyabet gelar pabrikan terbaik, karena para pembalapnya di tim utama dan satelit tampil sama bagusnya.

Pembalap penguji (test rider) Ducati, Michele Pirro, menceritakan bagaimana evolusi yang terjadi di Ducati selama 10 tahun terakhir. Menurutnya, Ducati yang sekarang sudah lebih kompetitif dibandingkan di era Casey Stoner.

1. Stoner tutupi kekurangan Ducati

Menilik Proses Evolusi Ducati Selama 10 Tahun TerakhirMotor baru Ducati untuk MotoGP 2022. (instagram.com/ducaticorse)

Pirro mengungkapkan, Ducati di era Stoner sejatinya masih penuh kekurangan. Namun, ketika itu, Stoner mampu menutupinya dan membawa Ducati menuju gelar juara MotoGP pada 2007.

"Ducati zaman Stoner masih banyak kekurangan. Namun, Stoner menutupi semua kekurangan tersebut. Dengan bakatnya yang luar biasa, dia mampu mengendarai Ducati di tengah semua kesulitan yang ada," ujar Pirro, dilansir GPOne.

Baca Juga: Ultimatum Francesco Bagnaia: Ducati Juara Lagi di Musim 2022

2. Mulai ada perubahan ketika Gigi Dall'Igna masuk

Menilik Proses Evolusi Ducati Selama 10 Tahun TerakhirMotor baru Ducati untuk MotoGP 2022. (instagram.com/ducaticorse)

Pirro menceritakan, kedatangan Luigi 'Gigi' Dall'Igna pada 2014 dari Aprilia, membawa perubahan besar bagi Ducati. Ketika datang, dia mampu menyatukan semua tim di bawah kendali Ducati. Dia juga yang menerima semua saran soal Ducati.

"Gigi adalah seorang jenius sekaligus mentor yang baik, di luar dan di dalam trek. Dia-lah yang menggabungkan tim Ducati secara keseluruhan, dan mau menampung saran-saran dari orang dan pembalap. Itu yang membuat Ducati maju," ujarnya.

3. Motor Ducati sekarang lebih ramah

Menilik Proses Evolusi Ducati Selama 10 Tahun TerakhirMotor baru Ducati untuk MotoGP 2022. (instagram.com/ducaticorse)

Pirro menjabarkan motor Ducati sekarang sudah lebih nyaman digunakan. Malah, motor Ducati kini lebih ramah dan menyokong performa dari para pembalap. Hal itu tampak dari hasil yang didapat Ducati musim lalu.

"Motor Ducati sekarang lebih ramah. Pecco (Bagnaia), Jack (Miller), dan (Jorge) Martin bisa menggunakannya. Begitu juga (Johann) Zarco dan (Enea) Bastianini. Kami sekarang jauh lebih sederhana, tetapi cepat," ujar Pirro.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya