Menpora Dito Beri Hadiah Papan Catur di Acara Haornas 2023

Ada alasan tersendiri di balik hadiah papan catur ini

Jakarta, IDN Times - Ada yang beda dari peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023. Pada kesempatan itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan hadiah berupa papan catur bagi para tamu undangan.

Acara puncak Haornas 2023 ini dihelat di Jakarta International Velodrome, Sabtu (9/9/2023), selain dihadiri Menpora Dito, hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, serta stakeholder olahraga lainnya.

Baca Juga: Haornas 2023, Menpora Ingin Majukan Sportainment

1. Menpora Dito beberkan alasan beri hadiah papan catur

Menpora Dito Beri Hadiah Papan Catur di Acara Haornas 2023Menpora Dito Ariotedjo di Rakornas Pemuda dan Olahraga 2023, Jumat (8/9/2023). (Dok. Kemenpora).

Menpora Dito pun menerangkan kenapa dirinya memberikan hadiah pemenang kuis dengan papan catur. Setidaknya, ada tiga alasan yang dia utarakan soal pemilihan hadiah papan catur ini.
 
"Pak Presiden Jokowi dan Kabinet Indonesia Maju terbukti meningkatkan internasional trust bangsa kita di peta percaturan dunia. Kedua, masyarakat Indonesia sedang masuk dinamika percaturan politik nasional," ungkap Dito dalam keterangan resminya.

"Ketiga, dari pada berantem sama tetangga, sama keluarga, sama temen kantor gara-gara pemilu, gara-gara capres. Walaupun punya pilihan beda-beda, saya harap di 2024, kita ojo kesusu, tetap hidup guyub. Dari pada saling caci yang malah nambah polusi budaya, lebih baik bermain catur beneran di pos ronda," lanjutnya.

Baca Juga: Buka Haornas 2023, Prabowo: Bangsa Kita Harus Jadi Pemenang!

2. Menpora Dito bakar semangat para stakeholder olahraga

Menpora Dito Beri Hadiah Papan Catur di Acara Haornas 2023Menpora Dito Ariotedjo. (IDN Times/Tino).

Sebelum mulai melontarkan pertanyaan mengenai lima cabor yang ada dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), terlebih dulu menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu lebih membakar semangat para stakeholder olahraga.

"Saya mau pemanasan dulu ya. Mana suara Indonesia Barat? Mana suara Indonesia Tengah? Mana Suara Indonesia Timur? Mana Suara Indonesia Raya?," ucap Dito sebelum melakukan kuis yang menanyakan lima cabor apa saja yang jadi prioritas DBON.

3. Menpora Dito beri penghargaan kepada sejumlah stakeholder

Menpora Dito Beri Hadiah Papan Catur di Acara Haornas 2023Acara puncak Haornas 2023. (Dok. Kemenpora)

Dalam kesempatan ini, Menpora Dito memberikan penghargaan kepada atlet berprestasi, purna olahrawagan, pelatih/instruktur, wasit/juri, dan penggerak olahraga yakni sejumlah selebritis, serta sejumlah kepala daerah.

Acara puncak Haornas 2023 di Jakarta International Velodrome ini juga ditandai oleh pemukulan bola voli oleh Menpora Dito dan Menhan Prabowo. Khusus Prabowo, dia hadir menggantikan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo yang absen.

Baca Juga: 9 September Hari Olahraga Nasional: Sejarah Haornas

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya