Comscore Tracker

Menpora: PON Papua Berpotensi Dihadiri Penonton

Perlu ada kajian tentang kehadiran penonton di PON Papua

Jakarta, IDN Times - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang akan dihelat pada Oktober 2021 mendatang, berpotensi dihadiri penonton. Namun, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar hal itu terlaksana.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, mengungkapkan, keputusan perihal ada tidaknya penonton dalam PON Papua akan ditentukan oekan depan. Hal itu bakal dibahas dalam rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana.

Baca Juga: Lepas 52 Atlet asal Solo Berlaga di PON Papua 2021, Waspada Malaria

1. Kajian soal penonton masih dilakukan pemerintah

Menpora: PON Papua Berpotensi Dihadiri PenontonMenteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali saat jumpa pers Soprema. Dok: istimewajumpa pers Soprema. Dok: istimewa

Zainudin mengungkapkan, sekarang ini kajian mengenai penonton di PON Papua masih dilakukan pemerintah. Beberapa faktor, terutama soal vaksinasi di empat klaster PON, bakal masuk bahan kajian pemerintah.

"Memang sekarang sedang kami lakukan pengkajian karena syaratnya (masyarakat) harus divaksin. Arahan Pak Presiden, beliau minta untuk digencarkan vaksinasi COVID-19 terutama yang ada di empat klaster PON," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Anies Lepas Kontingen DKI Jakarta yang Akan Tanding di PON XX Papua

2. Zainudin minta masyarakat tidak khawatir berlebihan

Menpora: PON Papua Berpotensi Dihadiri PenontonSuasana lapangan pertandingan bulu tangkis di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Soal PON Papua dan segala isu yang menyelimutinya, Zainudin menyebut masyarakat tidak perlu khawatir. Bahkan, gelaran PON ini sendiri rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden pada 2 Oktober kelak.

"Jadi, saya menyampaikan tidak perlu ada kekhawatiran berlebih karena Papua sudah siap, dan PON ini bagi masyarakat Papua adalah kebanggaan dan harga diri buat mereka," ucap Zainudin.

3. Cakupan vaksinasi di empat klaster capai 50 persen

Menpora: PON Papua Berpotensi Dihadiri PenontonPengguna jasa bandara bersama petugas mencoba permainan interaktif yang disediakan area promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Berdasarkan keterangan dari Dinas Kesehatan Papua, sampai September 2021 ini, rata-rata cakupan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di empat klaster PON Papua sudah mencapai 50 persen lebih. Untuk dosis kedua, masih berada di atas 30 persen.

Sekarang ini, semua kontingen PON sudah tiba di Papua. Bukan tanpa sebab, karena meski upacara pembukaan PON Papua bakal dihelat dua minggu lagi, beberapa cabang olahraga sudah menggelar test event jelang PON.

Baca Juga: Tim Terjun Payung Yogyakarta Optimis Raih Emas PON Papua 

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya