Anies Lepas Kontingen DKI Jakarta yang Akan Tanding di PON XX Papua

Anies berharap kontingen DKI Jakarta juara umum PON XX Papua

Jakart, IDN Times - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, hari ini secara simbolis melepas keberangkatan kontingen DKI Jakarta untuk bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Kontingen itu terdiri yang terdiri dari para atlet, pelatih, serta ofisial.

Anies berpesan semangat merebut kembali juara umum harus dibawa kontingen DKI Jakarta. Mengingat, pada PON XIX Jabar 2016, tim Ibu Kota hanya meraih peringkat ketiga dari perolehan jumlah medali. Padahal, pada kompetisi sebelumnya di Riau, Jakarta sukses meraih juara umum. 

"Kalau kita melihat statistiknya, perolehan DKI Jakarta di tahun-tahun sebelumnya, kita biasa berada di papan atas, hanya 2016 saja kita kemarin belum juara umum. Bahkan, pada tahun 2012 kita mampu meraihnya. InsyaAllah, pada PON kali ini, kita akan berhasil kembali sebagai juara umum," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (15/9/2021). 

1. Anies sebut persiapan atlet DKI sudah matang

Anies Lepas Kontingen DKI Jakarta yang Akan Tanding di PON XX PapuaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan kondisi terkini IGD di DKI Jakarta. (youtube.com/PEMPROV DKI JAKARTA)

Agenda PON XX di Papua akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021. Anies mengungkapkan, dari 20 kali PON, kontingen DKI Jakarta berhasil 11 kali meraih raih juara umum.

Ia pun optimistis kontingen DKI bisa menjadi juara umum PON XX di Papua. Terlebih, persiapan para atlet DKI Jakarta telah matang, baik dari segi fisik dan mental.

"Dan InsyaAllah, habis ini 12 kali juara umum," ujar Anies.

Baca Juga: PON Papua Momen Gelorakan Semangat Olahraga di Indonesia

2. Juara umum PON harapan warga DKI Jakarta

Anies Lepas Kontingen DKI Jakarta yang Akan Tanding di PON XX PapuaGubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara simbolis melepas keberangkatan Kontingen DKI Jakarta menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua. (dok. Pemprov DKI Jakarta)

Anies menegaskan harapan kontingen DKI menjadi juara umum dan memborong medali tak hanya datang dari pemerintah, namun juga warga Jakarta. Ia meminta seluruh atlet berjuang untuk memenangi setiap pertandingan.

"Tolong titipkan di pundak Anda terkait harapan itu. Setiap kali Anda masuk ke laga pertandingan, ingatlah bahwa nama Jakarta dititipkan di pundak Anda. Lakukan yang terbaik, berikan sepenuh hati, sepenuh tenaga untuk bisa menang, sekaligus jaga sportivitas, dan menjadi teladan bagi dunia olahraga," ujarnya.

3. Ada 1.350 orang berangkat ke Papua

Anies Lepas Kontingen DKI Jakarta yang Akan Tanding di PON XX PapuaVenue sepatu roda untuk PON Papua. (Dok. Humas Kemenko PMK)

Anies berpesan kepada seluruh atlet DKI Jakarta segala kebiasaan hidup disiplin harus dipertahankan. Hal ini dinilai akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus pada setiap pertandingan.

Dia juga berharap, para atlet bisa mengurangi komunikasi maupun aktivitas yang bisa mengganggu, dan harus meningkatkan konsentrasi pada setiap jadwal pertandingan.

"Dalam hal ini, kalau kita tergeser saja sedikit fokusnya, bisa berdampak kepada prestasi, bisa berdampak kepada semua ikhtiar yang sudah dilakukan. Jadi, saya berharap kepada semua, pastikan fokus dan bisa mendapatkan hasil yang membanggakan," pungkas Anies.

DKI Jakarta mengirimkan 735 atlet yang akan mengikuti 37 cabang olahraga pada PON XX Papua. Jika ditambah dengan pelatih hingga ofisial, jumlah total kontingen yang berangkat ke Papua berkisar 1.350 orang.

Baca Juga: Pemerintah Segera Cairkan Dana Tambahan untuk PON Papua Rp1,4 Triliun

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya