Mewajarkan Denver Nuggets Juara NBA 2023

Denver Nuggets memang luar biasa

Jakarta, IDN Times - Penantian panjang Denver Nuggets akhirnya tuntas sudah. Pada musim 2022/23 ini, mereka berhasil meraih gelar juara NBA usai mengalahkan Miami Heat di laga final.

Dalam gim kelima yang digelar Selasa (13/6/2023), Nuggets menang dengan skor 94-89. Berkat kemenangan ini, Nuggets sudah tak akan mungkin terkejar lagi oleh Heat di dua gim tersisa, dengan skor 4-1.

Gelar NBA ini jadi yang pertama sepanjang sejarah bagi Nuggets. Menilik performa mereka musim ini, Nuggets memang layak mendapatkan gelar. Sejak musim reguler, mereka sudah menunjukkan dominasinya.

1. Denver Nuggets dominan di musim reguler

Mewajarkan Denver Nuggets Juara NBA 2023Denver Nuggets (nba.com)

Musim 2022/23 ini jadi musim ke-47 Nuggets berkompetisi di NBA. Mereka merekrut Christian Braun dalam draf 2022 lalu, dan masih diperkuat nama-nama macam Jamal Murray, Kentavious Caldwell-Pope, hingga Nikola Jokic.

Sepanjang musim reguler, mulai dari Oktober 2022 hingga April 2023, Nuggets ciamik. Total, mereka menorehkan catatan 53 kemenangan dan 29 kekalahan. Catatan terbaik mereka hadir di bulan November 2022 dan Januari 2023.

Pada November 2022, Nuggets menang 10 kali dan kalah empat kali. Sedangkan pada Januari 2023, mereka menang 12 kali dan kalah empat kali. Catatan terburuk mereka hadir pada April 2023, dengan torehan dua kemenangan dan tiga kekalahan.

Buah dari catatan ini, Nuggets pun memuncaki klasemen akhir Wilayah Barat musim reguler 2022/23. Mereka menorehkan 646 poin, mengungguli Memphis Grizzlies dan Sacramento Kings.

Baca Juga: Penantian 56 Tahun Tuntas, Denver Nuggets Juara NBA 2023

2. Denver Nuggets juga apik di play-off

Mewajarkan Denver Nuggets Juara NBA 2023Ringo H.W. Chiu, The Associated Press

Selama play-off, performa apik Nuggets berlanjut. Di babak pertama, mereka dominan dengan mencatatkan keunggulan 4-1. Mereka menerapkan kuasa total atas Minnesota Timberwolves.

Berlanjut ke babak semifinal Wilayah Barat, Nuggets lanjut bersua Phoenix Suns. Mereka kembali menunjukkan dominasi dengan mencatatkan kemenangan 4-2. Mereka sukses menanggulangi Kevin Durant dan Devin Booker.

Penampilan paling prima Nuggets terjadi di final Wilayah Barat. Bersua Los Angeles Lakers, mereka sukses menancapkan keunggulan 4-0 atas LeBron James dan kolega. Berlanjut di laga final, giliran Miami Heat yang mereka kalahkan dengan skor 4-1.

Total, selama play-off hingga final, Nuggets menang 15 kali dan hanya kalah empat kali. Dominasi mereka begitu terasa.

3. Kolektivitas Nuggets yang ciamik

Mewajarkan Denver Nuggets Juara NBA 2023Denver Nuggets (nba.com/nuggets)

Salah satu kunci lain di balik gelar juara yang Nuggets dapat musim ini adalah kolektivitas para pemainnya. Memang, sosok Nikola Jokic masih jadi yang dominan, dengan rataan poin per laga sebanyak 33,7 kali.

Akan tetapi, para pemain lain juga tampil ciamik. Ada Jamal Murray yang menorehkan rataan poin per laga 32,8 kali, Kentavious Caldwell-Pope yang menorehkan rataan poin per laga 31,3 kali, serta Aaron Gordon dengan rataan poin per laga 30,2 kali.

Kolektivitas inilah yang membuat torehan poin Denver Nuggets tidak bertumpu pada Jokic semata. Beberapa pemain lain tampil apik, dan performa ciamik ini akhirnya diganjar gelar juara NBA 2023.

Baca Juga: 5 Draft Pick Tertinggi Denver Nuggets pada 2022/2023, Tanpa Jokic!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya