NBA Draft 2020: Minnesota Timberwolves Gaet Anthony Edwards

Hasil dari NBA Draft sesuai prediksi banyak pihak

Jakarta, IDN Times - Tim-tim NBA mulai menentukan talenta-talenta muda yang akan memperkuat tim musim depan. Kesempatan itu hadir dalam gelaran NBA Draft 2020 yang digelar pada Rabu (18/11/2020) malam waktu Amerika Serikat.

Bertempat di Studio ESPN, Bristol, Connecticut, para pemain muda menanti tim mana yang akan merekrut mereka. Sesuai prediksi, Minnesota Timberwolves memilih Anthony Edwards. Ia sukses menjadi first pick.

"Momen ini sungguh tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Keluarga saya begitu emosional. Saya rasa, ketika saya pulang dari sini, saya juga akan merasa emosional. Saya merasa bersyukur berada dalam situasi ini (terpilih sebagai first pick)," ujar Edwards, dilansir ESPN FC.

Semasa kuliah, Edwards bermain untuk tim Georgia Bulldogs. Pemain dengan tinggi 1,96 meter dan berposisi sebagai shooting guard tersebut memang dianggap memiliki talenta mumpuni untuk bersaing di NBA 2020/2021.

1. James Wiseman dan LaMelo Ball sebagai pilihan kedua dan ketiga

NBA Draft 2020: Minnesota Timberwolves Gaet Anthony EdwardsPemain unggulan di NBA draft 2020, LaMelo. (nba.com).

Dua atlet potensial lain, James Wiseman dan LaMelo Ball, harus puas berada di bawah Edwards. Wiseman selaku second pick mendarat di Golden State Warriors, sedangkan Ball sebagai third pick berseragam Charlotte Hornets.

"Saya siap membela Golden State dengan pikiran yang segar dan berbeda. Saya juga siap untuk belajar banyak di sana, mengembangkan diri, dan beradaptasi dengan rekan-rekan baru," ujar Wiseman.

Sedangkan Ball, yang juga merupakan adik dari pemain New Orleans Pelicans, Lonzo Ball, menyebut bahwa menjadi third pick bukanlah sesuatu yang buruk. Ia juga merasa senang dapat bergabung bersama Hornets.

"Seperti yang saya katakan, apa pun yang terjadi, terjadilah sudah. Saya rasa ini merupakan rencana dari Tuhan. Jadi, di manapun Tuhan menghendaki saya bermain, di situlah saya berada. Saya merasa bisa berkembang di sini (Hornets)," ujar Ball.

Baca Juga: Hebat! 6 Bintang NBA Ini Jadi Kartu As di Timnya

2. Tak ada pertukaran yang terjadi di urutan 10 besar pick

NBA Draft 2020: Minnesota Timberwolves Gaet Anthony EdwardsProses NBA draft digelar secara virtual. (Dok. NBA)

Sejauh ini, tidak ada pertukaran (trade) yang terjadi untuk urutan 10 besar, bahkan sampai urutan 16. Semua tim masih mengambil pemain sesuai urutan pick.

Di urutan empat, ada nama Patrick Williams yang akhirnya mendarat di Chicago Bulls. Lanjut ke urutan lima dan enam, ada Isaac Okoro yang akhirnya dipilih Cleveland Cavaliers dan Onyeka Okwongwu, yang dipilih oleh Atlanta Hawks.

Sisanya, ada Killian Hayes yang menuju Detroit Pistons, Obi Toppin ke New York Knicks, Deni Avdija ke Washington Wizards, serta Jalen Smith yang dipilih oleh Phoenix Suns.

3. Pelaksanaan NBA Draft molor karena pandemik

NBA Draft 2020: Minnesota Timberwolves Gaet Anthony Edwardskomisioner NBA, Adam Silver. (nba.com)

Lazimnya, NBA Draft sudah dihelat sejak Juni, bertempat di New York. Namun, khusus tahun ini, pelaksanaan NBA Draft molor dari jadwal yang biasanya.

Akibat pandemik COVID-19 yang melanda dunia, tak terkecuali Amerika Serikat, NBA memutuskan untuk menggelar NBA Draft pada bulan November ini. Selain itu, proses draft juga digelar secara virtual di Studio ESPN, Connecticut.

Untuk tata cara pelaksanaan sendiri, selain berlangsung secara virtual, tidak ada yang berubah. Draf tetap terlaksana selama dua ronde. Ronde pertama dipimpin oleh Komisioner NBA, Adam Silver, sedangkan ronde kedua dipimpin Deputi Komisioner NBA, Mark Tatum.

Baca Juga: Pertama Kalinya, NBA Draft Digelar Secara Virtual

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya