Comscore Tracker

Pemain Basket Eastern Vs Western Conference, Gaji Siapa Tertinggi?

Nyatanya, tidak terlalu jauh beda, kok

Jakarta, IDN Times - NBA adalah kompetisi bola basket di Amerika Serikat yang panjang masa pelaksanaannya. Hal ini tak lepas dari beberapa babak yang mesti dilalui, mulai dari musim reguler serta babak Conference Finals.

Kenapa ada Conference Finals? Sekadar informasi, tim-tim NBA memang terbagi menjadi dua conference, yakni Eastern Conference dan Western Conference. Selain menghadirkan juara Conference, nanti delapan tim teratas dari masing-masing Conference akan memperebutkan tempat untuk menuju ke NBA Finals.

Dari sini, muncul juga sebuah pertanyaan, adakah disparitas antara gaji pemain yang main di Eastern Conference dan Western Conference? Mari kita cari tahu?

1. Pemain dari Western Conference raih gaji tertinggi di NBA

Pemain Basket Eastern Vs Western Conference, Gaji Siapa Tertinggi?Pebasket Golden State Warriors Stephen Curry (ANTARA FOTO/Dale Zanine-USA TODAY Sports via Reuters)

Menurut data gaji pemain NBA yang dimiliki oleh ESPN FC, pemain dari Golden State Warriors, Stephen Curry, jadi pemain yang menerima gaji tertinggi di NBA musim 2020/21 ini. Total, ia menerima gaji kurang lebih 43 juta dolar (sekitar Rp619 miliar).

Sekadar informasi, Warriors adalah tim yang berasal dari Western Conference. Lalu, apakah itu jadi tanda bahwa pemain dari Western Conference gajinya lebih tinggi daripada pemain dari Eastern Conference? Belum tentu.

Sebab, di bawah Curry, ada Russell Westbrook sebagai pemain dengan gaji tertinggi kedua di NBA. Total, ia mendapatkan gaji sebesar 41,3 juta dolar (sekitar Rp594,5 miliar). Westbrook sendiri main di Washington Wizards, tim yang berasal dari Eastern Conference.

Baca Juga: 10 Potret Deni Avdija, Pebasket Rookie NBA yang Gagah dan Memesona

2. Enam pemain Western Conference masuk pemain dengan gaji tertinggi di NBA

Pemain Basket Eastern Vs Western Conference, Gaji Siapa Tertinggi?Los Angeles Lakers vs San Antonio Spurs, Kamis (31/12/2020) (ANTARA FOTO/Scott Wachter-USA TODAY)

Selain Curry, ada beberapa nama pemain dari Western Conference yang juga masuk deretan pemain dengan gaji tertinggi di NBA. Mereka adalah Chris Paul (Phoenix Suns), John Wall (Houston Rockets), LeBron James (LA Lakers), Paul George (LA Clippers), dan Klay Thompson (Golden State Warriors).

Dengan begitu, total enam pemain Western Conference masuk deretan 10 pemain dengan gaji tertinggi di NBA. Apakah hal itu langsung mencerminkan keglamoran dari Western Conference? Sebenarnya, tidak terlalu juga, sih.

Sebab, selain Westbrook, ada tiga pemain lain dari Eastern Conference yang juga masuk deretan 10 pemain dengan gaji tertinggi di NBA. Mereka adalah James Harden, Kevin Durant (Brooklyn Nets), serta Blake Griffin (Detroit Pistons, namun sebentar lagi akan berseragam Nets juga).

Dari catatan ini, tampak disparitas antara Eastern dan Western memang tidak berbeda jauh. Tetapi, sekadar informasi, ada satu tim yang membuat keseimbangan ini tercipta. Siapa mereka?

3. Nets menjadi penyeimbang dari Eastern Conference

Pemain Basket Eastern Vs Western Conference, Gaji Siapa Tertinggi?James Harden lawan Rockets. (Twitter.com/BrooklynNets)

Brooklyn Nets memang menjadi sebuah kejutan di NBA 2020/21 ini. Mereka diperkuat oleh trio yang digadang-gadang sangat menakutkan di NBA, yaitu James Harden. Kevin Durant, dan Kyrie Irving. Ditambah lagi, dalam waktu dekat, Blake Griffin juga merapat ke Nets.

Mereka juga berani jor-joran dalam menggaji para bintangnya, terutama Harden dan Durant. Total, Harden menerima gaji sebesar 41,2 juta dolar (sekitar Rp592,7 miliar), sedangkan Durant menerima gaji sebesar 40,1 juta dolar (sekitar Rp576,9 miliar).

Bintang-bintang ini memang mampu mengangkat penampilan Nets, yang saat ini bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Eastern Conference. Tidak cuma itu, Nets juga membuat keglamoran NBA lebih seimbang, tidak cuma terfokus di Western Conference saja.

Baca Juga: Aksi-aksi Ciamik Para Bintang di NBA All-Star 2021

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya