Comscore Tracker

Repsol Honda Sebut Kondisi Marc Marquez Baik-baik Saja

Namun, Honda tidak mengungkapkan kapan Marquez pulih

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini, Repsol Honda mengeluarkan kabar mengenai kondisi dari pembalapnya Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu disebut berada dalam kondisi yang baik-baik saja.

Namun, Honda tidak menjabarkan lebih lanjut berapa lama masa penyembuhan yang bakal dijalani Marquez. Mereka cuma mengungkapkan kondisi kesehatannya sudah mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya.

"Marc Marquez mengunjungi Rumah Sakit Ruber Internacional untuk menjalani kontrol. Sudah enam minggu berlalu sejak juara dunia delapan kali itu menjalani operasi pada 3 Desember 2020. Kini, kondisinya sudah semakin membaik dan ia akan terus menerima perawatan yang sesuai dengan kondisinya saat ini," ujar pernyataan resmi Honda.

1. Diprediksi bakal absen selama enam bulan

Repsol Honda Sebut Kondisi Marc Marquez Baik-baik SajaTwitter.com/MotoGP

Alex Marquez, adik Marc Marquez, menuturkan kakaknya membutuhkan waktu tiga sampai enam bulan agar bisa kembali membalap. Hal itu membuat pembalap yang berhasil meraih delapan gelar juara dunia itu diperkirakan melewatkan banyak seri di MotoGP 2021.

"Masa pemulihannya tiga bulan, tetapi kalau prosesnya rumit maka bisa saja mencapai enam bulan. Anda harus terus maju dan memerhatikan apa yang dikatakan dokter," ujar Alex, dilansir Corsedimoto.

Alex juga mengungkapkan operasi Marc Marquez ini berjalan lama. Ketika ia pulang ke rumah, secara mental ia memang tetap sehat dan bugar, tetapi ia memang tidak dalam kondisi yang baik-baik saja.

Baca Juga: Diprediksi Absen 6 Bulan, Bagaimana Kans Marc Marquez di MotoGP 2021?

2. Marc Marquez diprediksi sulit kembali ke performa terbaiknya

Repsol Honda Sebut Kondisi Marc Marquez Baik-baik SajaInstagram

Setelah absen di ajang MotoGP sejak Juli 2020 lalu, Marquez disinyalir butuh waktu lebih lama mengembalikan sentuhannya di atas motor. Hal itu diprediksi oleh mantan pembalap sekaligus juga eks juara di kelas 500cc, Kevin Schwantz.

"Semakin lama Anda absen, semakin sulit untuk kembali. Ini bukan cuma soal kebugaran, melainkan juga mental. Dia mesti menunggangi motornya sebelum uji coba untuk mendapatkan kembali kepercayaan diri," ujar Schwantz.

Tidak cuma itu, Schwantz juga mengungkapkan akan sulit bagi Marc Marquez menyesuaikan diri lagi dengan motor milik Honda. Setidaknya, Marquez harus pulih hingga Februari agar punya waktu buat beradaptasi.

"Jikapun ada orang yang bisa melakukannya, dia adalah Marc Marquez. Tapi kalau dia harus menunggu sampai Januari atau Februari untuk tahu tentang kondisinya. Kalau comeback-nya terhalang lagi, maka akan sulit baginya buat kembali," kata Schwantz.

3. Peluang di musim 2021: sulit untuk juara

Repsol Honda Sebut Kondisi Marc Marquez Baik-baik SajaPebalap Repsol Honda Marc Marquez dan Alex Marquez (Dok. IDN Times/Istimewa)

Menilik potensi absen Marquez yang bisa mencapai 7-9 seri MotoGP 2020, bisa dibilang peluangnya menjuarai MotoGP 2021 cukup berat. Sebab, pembalap berusia 27 tahun itu hanya akan bisa membalap selama 11-13 seri saja dari 20 seri yang dilangsungkan musim depan.

Pesaing-pesaing Marquez juga kian banyak musim depan. Ada Joan Mir dari Suzuki sang juara bertahan, lalu ada juga Franco Morbidelli dari Petronas yang satu tim dengan Valentino Rossi. Belum lagi ada Fabio Quatararo yang diprediksi dapat tampil moncer bersama Monster Energy Yamaha.

Jikapun Marc Marquez ingin juara, selepas sembuh nanti, ia harus memenangi ke-11-13 seri tersebut. Sesuatu yang sulit mengingat sudah hampir beberapa bulan lamanya ia menepi dari dunia balap. Sentuhannya di atas motor juga diprediksi masih belum kembali.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya