Rivalitas di MotoGP Hambar, Marc Marquez: Imbas Pensiunnya Rossi

Marquez rindu rivalitas MotoGP di masa lalu

Jakarta, IDN Times - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengungkapkan bahwa saat ini, rivalitas dalam ajang MotoGP terasa kurang berwarna. Tak ada lagi rivalitas yang membuat ajang balap motor level dunia itu penuh bumbu-bumbu.

Memang, di MotoGP 2022 ini, tak ada lagi rivalitas yang panas laiknya di masa lalu. Misal, dahulu ada rivalitas Valentino Rossi-Sete Gibernau, Valentino Rossi-Casey Stoner, dan tentunya rivalitas antara Marquez dan Rossi.

Marquez pun membeberkan alasan kenapa rivalitas ini perlahan pudar di MotoGP. Salah satunya, berkaitan dengan ketiadaan nama-nama senior, macam Valentino Rossi.

1. Mundurnya nama-nama senior berpengaruh besar

Rivalitas di MotoGP Hambar, Marc Marquez: Imbas Pensiunnya RossiValentino Rossi vs Marc Marquez (the-race.com)

Marquez mengakui, pensiunnya nama-nama senior macam Rossi, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo, membuat pamor MotoGP sedikit menurun. Padahal, sejak dahulu, MotoGP ini identik dengan rivalitas antara satu pembalap dengan pembalap lain.

"Sebuah olahraga, termasuk MotoGP, identik dengan rivalitas. Mundurnya Rossi, Pedrosa, dan Lorenzo memiliki imbas yang besar pada persaingan di MotoGP," ujar Marquez dilansir Motosan.

Baca Juga: Marc Marquez Ingin Kalahkan Rekan Setim Barunya Musim Depan

2. Fans senang dengan persaingan di MotoGP

Rivalitas di MotoGP Hambar, Marc Marquez: Imbas Pensiunnya RossiValentino Rossi dan Marc Marquez (motogp.com)

Marquez pun melihat, para fans MotoGP ini sejatinya senang dengan rivalitas yang ada. Salah satunya adalah rivalitas antara dirinya dan Rossi di masa lalu. Sayangnya, pembalap sekarang tidak memunculkan rivalitas itu.

"Para penikmat MotoGP lebih suka diberikan tontonan berupa persaingan. Misal, Fabio Quartararo sekarang sudah punya nama, tetapi Francesco Bagnaia belum konsisten. Ini jadi persaingan yang tak seimbang," ujar Marquez.

3. Menantikan persaingan di sisa MotoGP 2022

Rivalitas di MotoGP Hambar, Marc Marquez: Imbas Pensiunnya Rossiilustrasi balapan MotoGP (motogp.com)

Sentilan dari Marquez ini tentu jadi harapan tersendiri bagi fans akan sisa MotoGP 2022. Sejauh ini, balapan di musim 2022 tinggal menyisakan tujuh seri lagi, yaitu di San Marino, Aragon, Jepang, Thailand, Australia, Malaysia, dan Valencia.

Quartararo masih jadi pemuncak klasemen sementara MotoGP 2022 dengan raihan 200 poin, diikuti Espargaro dengan torehan 168 poin, dan Bagnaia dengan torehan 156 poin. Sedangkan Marc Marquez, dia dipastikan absen hingga akhir musim.

Baca Juga: Menang di MotoGP Austria, Francesco Bagnaia Dinilai Makin Dewasa

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya