Siapa Saja Pembalapnya, Ducati Bakal Selalu Kompetitif

Ducati memang sudah luar biasa sejak 2021

Jakarta, IDN Times - Catatan Ducati di MotoGP 2023 ini tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Bisa disebut, musim ini adalah momen ketika pabrikan asal Italia itu benar-benar menguasai gelaran balap motor paling kenamaan di dunia.

Tercatat, enam dari pembalap yang membalap untuk Ducati musim ini berada di posisi 10 besar klasemen pembalap MotoGP 2023. Direktur Tim Ducati, Paolo Ciabatti, mengaku bangga akan raihan ini.

"Saya rasa, sekarang kebahagiaan tengah meliput Ducati. Kami memimpin klasemen pembalap dengan Pecco (Bagnaia), dan juga tiga pembalap lain: (Jorge) Martin, (Marco) Bezzecchi, dan (Johann) Zarco," ujar Ciabatti, dilansir Motosan.

1. Ducati pernah menguasai GP Jerman

Siapa Saja Pembalapnya, Ducati Bakal Selalu KompetitifGigi Dall’Igna bersama para pembalap Ducati MotoGP. (instagram.com/ducaticorse)

Di musim 2023 ini, tak jarang Ducati menguasai satu gelaran GP. Salah satunya terjadi di MotoGP Jerman. Dalam balapan yang dihelat di Sachsenring itu, lima pembalap Ducati sukses mengunci lima posisi teratas.

"Perlu diakui, hasil balapan di Sachsenring, dengan lima pembalap Ducati yang berada di posisi teratas, adalah sesuatu yang tak pernah terjadi di Ducati sebelumnya. Ini adalah buah kerja keras kami selama ini," ujar Ciabatti.

Baca Juga: Joan Mir Berpeluang Pindah ke Ducati Musim Depan

2. Siapa pun pembalapnya, Ducati tetap kompetitif

Siapa Saja Pembalapnya, Ducati Bakal Selalu Kompetitifpotret motor Ducati (motogp.com)

Ciabatti mengaku, Ducati memang sudah melakukan pengembangan untuk motor 2023 ini. Akan tetapi, sebenarnya pengembangan itu tidak berbeda jauh dengan motor 2022. Ducati sekarang bisa dikendarai siapa saja.

"Kami sudah mengembangkan motor untuk 2022 ini, tetapi sebenarnya tak ada perbedaan jauh antara motor 2022 dan 2023. Intinya, siapa pun pembalapnya, Ducati akan tetap kompetitif," kata Ciabatti.

3. Ducati sudah berkembang sejak 2021

Siapa Saja Pembalapnya, Ducati Bakal Selalu KompetitifFrancesco Bagnaia dan kru Ducati (motogp.com)

Sejak musim 2021, Ducati memang sudah menunjukkan perkembangan apik. Stigma motor yang sulit ditaklukkan sirna. Bahkan, sekarang banyak pembalap mereka yang mampu bersaing, entah dari tim utama ataupun tim satelit.

Puncaknya, pada 2022 lalu, Ducati menjuarai gelaran MotoGP lewat Francesco Bagnaia. Pabrikan asal Italia itu berkesempatan untuk mempertahankan dominasi mereka di MotoGP 2023 ini.

Baca Juga: 5 Momen Ducati Sapu Bersih Podium MotoGP, makin Mengukuhkan Dominasi!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya