5 Momen Ducati Sapu Bersih Podium MotoGP, makin Mengukuhkan Dominasi!

Desmosedici terbukti makin mumpuni

Ducati tampil memukau pada setiap seri MotoGP 2023. Sampai dengan seri Jerman, selalu saja ada penggawa pabrikan Borgo Panigale yang finis di posisi tiga besar. Dalam beberapa kesempatan, pabrikan asal Italia ini bahkan mampu mendominasi jalannya balapan dan menyapu bersih podium.

Dalam 3 tahun terakhir, dominannya performa Ducati memang bukan hal aneh. Pada musim 2021, Francesco Bagnaia menjadi runner-up kejuaraan. Setahun kemudian, Bagnaia menyegel gelar juara dunia kelas premier.

Secara kuantitas, pembalap Ducati pun paling banyak. Untuk musim ini saja, 8 dari 22 pembalap di grid adalah penggeber Ducati Desmosedici, dengan rincian 2 pembalap tim pabrikan dan 6 pembalap tim satelit.

Kendati begitu, fenomena Ducati menyapu bersih podium tetap saja menjadi hal menarik untuk dibahas. Pasalnya, sepanjang keikutsertaannya di MotoGP, terhitung baru lima kali Ducati melakukannya. Semua itu terjadi dalam 3 tahun terakhir. Satu pada musim 2021, lainnya pada musim 2023.

Di Grand Prix apa saja Ducati bisa menyapu bersih podium MotoGP? Simak ulasannya berikut ini!

1. GP Valencia 2021

5 Momen Ducati Sapu Bersih Podium MotoGP, makin Mengukuhkan Dominasi!potret pembalap Ducati berdiri di podium Sirkuit Ricardo Tormo musim 2021 (motogp.com)

Pada gelaran GP Valencia 2021, Ducati mencetak sejarah. Inilah momen pertama pabrikan Borgo Panigale menyapu bersih podium MotoGP. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Jack Miller (Ducati Lenovo) berdiri tegak di atas podium. Ketiganya finis dengan selisih kurang dari 1 detik.

Sebelumnya, pembalap Ducati pun menguasai sesi kualifikasi. Martin menjadi polesitter, disusul oleh Bagnaia dan Miller. Kala itu, Desmosedici tampil trengginas di Sirkuit Ricardo Tormo.

Baca Juga: Daftar Harga Ducati Panigale, Motor Jalanan Termahal 

2. GP Argentina 2023

5 Momen Ducati Sapu Bersih Podium MotoGP, makin Mengukuhkan Dominasi!potret pembalap tim satelit Ducati menyapu bersih podium Sirkuit Termas de Rio Hondo di MotoGP Argentina 2023 (motogp.com)

Memasuki musim 2023, Ducati semakin bertaji. Pada GP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, pembalap tim satelitnya mendominasi. Tak hanya di sesi kualifikasi, tetapi juga di sesi balapan utama.

Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team menjadi kampiun main race dengan keunggulan mencapai 4,085 detik. Sedangkan Johann Zarco dari tim Prima Pramac Racing finis P2. Podium terakhir diisi oleh pembalap teranyar Ducati, Alex Marquez. Pembalap tim Gresini Racing inilah yang juga menjadi peraih pole position.

3. GP Prancis 2023

5 Momen Ducati Sapu Bersih Podium MotoGP, makin Mengukuhkan Dominasi!potret Jorge Martin, Marco Bezzecchi, dan Johann Zarco di podium Sirkuit Le Mans musim 2023 (motogp.com)

Kesuksesan Ducati kembali terulang saat gelaran MotoGP seri Prancis. Saat balapan hari Minggu, penggawa pabrikan Borgo Panigale dari tim satelit kembali tampil trengginas. Hasilnya, Ducati menyapu bersih podium di Sirkuit Le Mans.

Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team), Jorge Martin (Prima Pramac Racing), dan Johann Zarco (Prima Pramac Racing) finis tiga besar. Selisih antara Bezzecchi dan pembalap setelahnya cukup jauh mencapai 4,256 detik. Di sisi lain, Francesco Bagnaia dari tim pabrikan terlibat kecelakaan dan tak menuntaskan balapan.

4. GP Italia 2023

5 Momen Ducati Sapu Bersih Podium MotoGP, makin Mengukuhkan Dominasi!potret Jorge Martin, Francesco Bagnaia, dan Johann Zarco menaiki podium main race pada MotoGP Italia musim 2023 (motogp.com)

Seri MotoGP Italia musim 2023 yang berlangsung di Autodromo Internazionale del Mugello jadi ajang pesta pora Ducati. Bagaimana tidak, pabrikan asal Italia ini menyapu bersih semua podium. Itu terjadi baik di sesi sprint maupun main race.

Pada sesi sprint, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) menyegel kemenangan. Ia disusul oleh Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) di posisi ke-2. Berikutnya ada Jorge Martin (Prima Pramac Racing) yang finis P3.

Saat balapan utama, Francesco Bagnaia mempertahankan keunggulan dan tetap menjadi kampiun. Sedangkan posisi ke-2 diambil oleh Jorge Martin. Selisih antara Bagnaia dan Martin sekitar 1,067 detik. Pembalap tim Prima Pramac Racing lainnya, Johann Zarco, finis P3.

5. GP Jerman 2023

5 Momen Ducati Sapu Bersih Podium MotoGP, makin Mengukuhkan Dominasi!potret Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Johann Zarco berdiri di podium Sirkuit Sachsenring musim 2023 (motogp.com)

Seri ke-7 MotoGP 2023 bergulir di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Ducati memastikan dominasinya pada balapan utama meski diwarnai perang saudara antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Dengan selisih hanya 0,064 detik, Martin memastikan kemenangan pertamanya musim ini.

Setelah Martin dan Bagnaia, Johann Zarco menyegel posisi ke-3. Ducati pun digdaya pada sesi sprint lantaran Martin merebut kemenangan. Pada sesi kualifikasi, Bagnaia menjadi yang tercepat.

Sejak awal musim hingga seri terakhir di Jerman, Ducati selalu bersaing di barisan depan. Memblenya performa Honda dan Yamaha, serta kurang maksimalnya performa Aprilia dan KTM membuat Ducati selalu berada di atas angin. Pada seri-seri balapan berikutnya, berapa kali lagi pabrikan Borgo Panigale bakal menyapu bersih podium MotoGP, ya?

Baca Juga: Selain Ducati Lenovo, Ini Nasib 6 Pembalap Ducati Lain di GP Inggris

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya