Sirkuit Buriram Terancam Tidak Akan Gelar MotoGP 2021 

Pemerintah Thailand belum teken kontrak penyelenggaraan

Jakarta, IDN Times - Kabar buruk datang dari Thailand. Sirkuit Buriram terancam tidak akan menggelar ajang MotoGP 2021, menyusul keputusan pemerintah Thailand menyoal kontrak Sirkuit Buriram bersama Dorna, operator MotoGP.

Dalam kalender sementara yang sudah dirilis pihak Dorna. Buriram dijadwalkan menggelar balapan pada 10 Oktober 2021. Namun, agaknya jadwal ini masih bisa berubah, jika melihat situasi terkini yang terjadi antara pemerintah Thailand dan Dorna.

1. Pemerintah putuskan tunda kontrak penyelenggaraan Moto GP di Buriram

Sirkuit Buriram Terancam Tidak Akan Gelar MotoGP 2021 IDN Times/Dwi Agustiar

Dilansir Crash, setelah pembatalan ajang MotoGP 2020 di Buriram, pemerintah Thailand berencana meneken kontrak penyelenggaraan kontrak Moto GP di Buriram mulai 2021 sampai 2025. Namun, pandemik COVID-19 mengubah segalanya.

Dengan jadwal vaksinasi yang baru dimulai di Thailand, plus juga peraturan karantina ketat 14 hari bagi wisatawan asing yang datang ke Thailand, pemerintah setempat akhirnya memutuskan untuk menunda penandatanganan kontrak penyelenggaraan MotoGP di Buriram ini.

Pemerintah Thailand baru berencana menekan kontrak penyelenggaraan MotoGP di Buriram pada 2022 mendatang. Jadi, kontrak Buriram bersama Dorna akan berlaku pada 2022-2026, dengan nilai kontrak yang tidak berubah, yaitu 25 juta euro (sekitar Rp422 miliar) selama lima tahun.

Baca Juga: MotoGP Digelar di Thailand, Ini Fakta Menarik Sirkuit Buriram

2. Buriram berpotensi jadi GP pertama yang dicoret dari kalender sementara

Sirkuit Buriram Terancam Tidak Akan Gelar MotoGP 2021 coracingspace.com

Dengan penundaan ini, Buriram diprediksi jadi seri yang dicoret paling awal di kalender sementara MotoGP 2021. Selain Buriram, ajang GP di Argentina dan Texas juga berpotensi juga dicoret dari kalender sementara.

Penyebabnya, dua ajang tersebut belum mendapatkan tanggal pasti penyelenggaraan. Sedangkan Brno, mereka memang sudah memutuskan untuk tidak menghelat MotoGP 2021. Pemerintah Republik Ceko memfokuskan dana mereka pada penanganan pandemik COVID-19.

3. Respons Dorna akan keputusan pemerintah Thailand ini

Sirkuit Buriram Terancam Tidak Akan Gelar MotoGP 2021 Balap Motor.Net

Operator MotoGP Dorna, belum memberikan konfirmasi terkait pernyataan pemerintah Thailand ini. Mereka hanya mengklaim ingin meminta ketegasan dari komitmen pemerintah Thailand untuk ajang balap di Buriram ini.

Buriram sendiri pertama kali masuk kalender MotoGP pada 2018. Berlanjut pada 2019, ajang MotoGP di Buriram sukses menghadirkan 226,655 penonton. Dari situ, pemerintah Thailand mendapatkan pemasukan sebesat 95 juta euro (sekitar Rp1,6 triliun).

Baca Juga: Menanti Persaingan Luca Marini dan Enea Bastianini di MotoGP

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya