Sirkuit Mandalika Jadi Arena Penentuan Juara WSBK 2021

Mandalika jadi seri penutup WSBK 2021

Jakarta, IDN Times - Sirkuit Mandalika akan menggelar ajang balap kelas dunia akhir pekan ini, tepatnya pada Jumat (19/11/2021) hingga Minggu (21/11/2021). Sirkuit yang berlokasi di Indonesia ini akan jadi venue dari seri pamungkas dari gelaran World Superbike (WSBK) 2021.

Ada dua pembalap yang tengah bersaing menjadi juara WSBK musim ini, yakni Jonathan Rea (Kawasaki) dan Toprak Razgatlioglu (Yamaha). Keduanya akan memperebutkan gelar juara di Mandalika, dengan selisih poin keduanya yang hanya berjarak 30 saja.

1. Razgatlioglu siap hentikan dominasi Rea

Sirkuit Mandalika Jadi Arena Penentuan Juara WSBK 2021instagram.com/toprak_tr54

Sejauh ini, Rea masih dianggap sebagai pembalap yang dominan di WSBK 2021. Sejak musim lalu, dia tidak tersentuh pembalap lain. Musim ini, dia juga menorehkan catatan yang impresif, termasuk kemenangan ke-100 di ajang WSBK yang dia catatkan di Aragon.

Namun, dominasi Rea musim ini terancam oleh kehadiran Razgatlioglu. Sepanjang musim 2021, dia sudah menorehkan 13 kemenangan dan naik podium sebanyak 28 kali. Pembalap asal Turki itu siap membawa Yamaha juara lagi, setelah terakhir kali Ben Spies melakukannya pada 2009.

Baca Juga: Balapan WSBK Siap Digelar di Sirkuit Mandalika 

2. Razgatlioglu sudah mempelajari Mandalika

Sirkuit Mandalika Jadi Arena Penentuan Juara WSBK 2021Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea (twitter.com/WorldSBK)

Bagi Razgatlioglu, Sirkuit Mandalika menyajikan sebuah tantangan baru. Apalagi, Mandalika adalah sirkuit yang baru selesai dibangun. Sirkuit ini memiliki panjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan yang siap memberi tantangan bagi pembalap.

"Saya senang berada di Indonesia, selalu menarik datang ke trek baru. Saya telah melihat foto dan video dari tayangannya. Trek ini terlihat menyenangkan untuk dipakai membalap," ujar Razgatlioglu, dilansir situs resmi Yamaha.

3. WSBK 2021 digelar bersamaan dengan Asia Talent Cup

Sirkuit Mandalika Jadi Arena Penentuan Juara WSBK 2021Jonathan Rea dan Toprak Razgatlioglu pada GP Catalunya (twitter.com/bikesportnews)

Batalnya balapan Asia Talent Cup pada Minggu (14/11/2021), berimbas pada kelangsungan World Superbike di Sirkuit Mandalika, 19 hingga 21 November 2021. Karena final ATC tak bisa digelar kemarin, maka harus dilangsungkan bersamaan dengan WSBK.

Situs resmi Asia Talent Cup menyatakan ATC digelar bersamaan dengan WSBK. Hal tersebut sudah disetujui oleh pihak Dorna bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

"Final ATC akan menggelar empat balapan dan digelar pada 19 hingga 21 November 2021 bersamaan dengan balapan WSBK 2021," begitu pernyataan resmi Dorna di situs resmi Asia Talent Cup.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya