Spesifikasi Sirkuit Mandalika, Arena Balap Kelas Dunia

Jokowi sempat menguji kemewahan Sirkuit Mandalika

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (12/11/2021). Jokowi bahkan sempat menguji sirkuit tersebut dengan motor Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi dengan konsep Cafe Racer miliknya.

Setelah meresmikan sirkuit, Jokowi mengutarakan optimismenya terhadap Sirkuit Mandalika. Dia yakin, sirkuit ini sudah siap untuk menyambut berbagai ajang balap kelas dunia ke depannya, termasuk ajang World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer, teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Sirkuit ini siap untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Jokowi Jajal Motor Custom di Sirkuit Mandalika

1. Mandalika akan beri dampak positif bagi NTB

Spesifikasi Sirkuit Mandalika, Arena Balap Kelas DuniaGaya Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika menjajal sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan motor custom bertuliskan RI1 (Biro Pers Istana/Agus Suparto)

Jokowi juga meyakini, Mandalika akan memberikan banyak dampak positif bagi Nusa Tenggara Barat (NTB) di masa depan. Dengan rutinnya ajang balap kelas dunia digelar di Mandalika tiap tahunnya, NTB akan terdongkrak, terutama dari segi ekonomi.

"Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB. Ya, World Superbike (WSBK) dulu dicoba, nanti MotoGP," tutur Jokowi.

2. Jokowi sebut Mandalika sirkuit yang sulit

Spesifikasi Sirkuit Mandalika, Arena Balap Kelas DuniaGaya Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika menjajal sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan motor custom bertuliskan RI1 (Biro Pers Istana/Agus Suparto)

Sebelum meresmikan, Jokowi sempat menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor pribadinya. Kondisi sirkuit yang sempat diguyur hujan membuat Jokowi menjajalnya dengan lebih hati-hati, terutama mengingat kondisi sirkuit yang memiliki banyak tikungan tajam.

"Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali. Ada 17 titik tikungan yang sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap, mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit," ujar Jokowi.

3. Spesifikasi Sirkuit Mandalika

Spesifikasi Sirkuit Mandalika, Arena Balap Kelas DuniaFoto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi.

Sirkuit ini juga dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner (panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter) dan service road outter (panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter). Sirkuit ini juga punya pit lane dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

Sirkuit Mandalika telah menyabet tiga rekor MURI dan satu rekor baru yang akan diberikan dalam waktu dekat. Rekor-rekor tersebut antara lain pembangunan lintasan sirkuit tercepat, pembangunan sirkuit pertama standar FIM, kategori pengaspalan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan volume terbanyak, dan pembangunan gedung pit sistem modular tercepat di sirkuit bertaraf internasional.

Sirkuit ini bisa menampung 195 ribu penonton. Tribunnya dibagi dalam beberapa kelas, mulai dari Deluxe Class, Premium, hingga termurah bisa menonton dari salah satu bukit.

Baca Juga: Jokowi: Sirkuit Mandalika Susah, Tikungannya Tajam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya