Comscore Tracker

Soal Sanksi WADA, Ini Perintah Presiden Jokowi ke Menpora

Presiden ingin masalah dengan WADA segera beres

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memantau kondisi Indonesia yang kena sanksi Badan Anti Doping Dunia (WADA). Presiden pun langsung memberi dua arahan kepada Menpora.

"Bapak Presiden memantau dan beliau mencermati kondisi dan tadi setelah diinformasikan, disampaikan tentang situasi terakhir. Saya juga melaporkan bahwa upaya-upaya sudah kita lakukan, kita sudah membentuk tim khusus juga," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual.

Baca Juga: Sanksi WADA: Ternyata Indonesia Punya Utang ke Qatar

1. Dua arahan yang diberikan Presiden

Soal Sanksi WADA, Ini Perintah Presiden Jokowi ke MenporaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Zainudin mengungkapkan, ada dua arahan yang diberikan oleh Presiden berkaitan dengan sanksi WADA ini. Arahan pertama, Presiden ingin agar apa yang dimintakan WADA kepada LADI segera dipenuhi dalam waktu yang secepat-cepatnya.

Arahan kedua, Presiden juga ingin agar hasil investigasi yang dilakukan tim khusus segera disampaikan ke publik. Hasil investigasi itu tidak boleh ditutupi-tutupi dan harus dikomunikasikan dengan segera.

"Arahan bapak Presiden beliau menyampaikan ini harus diinvestigasi, kenapa ini terjadi dan semua hasil dari investigasi itu, sesuai arahan beliau, harus diumumkan secara terbuka kepada publik, tidak boleh ada yang ditutupi," ujar Zainudin.

2. Indonesia mendapatkan supervisi JADA

Soal Sanksi WADA, Ini Perintah Presiden Jokowi ke MenporaKantor resmi WADA (reuters.com)

Untuk menyelesaikan sanksi dari WADA ini, Indonesia akan mendapatkan supervisi dari Badan Anti Doping Jepang (JADA). Pendampingan ini juga sudah disepakati oleh Presiden.

"Karena sekarang kita belum selesai dengan WADA, beliau mempersilakan ada pendampingan dari pihak lain, yakni dari JADA, Jepang. Mudah-mudahan itu bisa dilakukan karena Jepang berkomiteman utnuk membantu Indonesia," ujar Zainudin.

Baca Juga: Indonesia Bentuk Tim Khusus Demi Sikapi Sanksi WADA

3. Pemerintah akan mendampingi LADI

Soal Sanksi WADA, Ini Perintah Presiden Jokowi ke MenporaMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainduin Amali memimpin Rapat Koordinasi PON di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (8/6) siang.

Zainudin pun mengungkapkan, pemerintah akan melakukan pendampingan terhadap Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) selama penyelesaian sanksi ini. Menpora akan membantu LADI memperbaiki komunikasi dengan WADA.

"Selanjutnya setiap hari kita komunikasi, dipimpin tentunya oleh LADI. Jadi, pemerintah itu membantu, karena WADA hanya menerima komunikasi langsung dengan LADI," tutur Zainudin.

Baca Juga: Kena Tegur WADA Soal Doping, Kemenpora Bergerak Cepat

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya