Spanyol dan Prancis Terkubur di Piala Dunia Basket 2023

Padahal, Spanyol dan Prancis adalah finalis EuroBasket

Jakarta, IDN Times - Spanyol dan Prancis sejatinya datang ke Piala Dunia Basket 2023 dengan modal apik. Mereka adalah finalis EuroBasket 2022 lalu. Di Eropa, mereka menjadi penguasa.

Akan tetapi, status itu tak berguna di Piala Dunia Basket 2023 ini. Mereka boleh saja bertaji di Eropa, mengungguli nama-nama macam Yunani, Jerman, hingga Italia. Tapi, di ajang ini, mereka tidak berarti apa-apa.

1. Prancis sudah terkapar di fase grup

Spanyol dan Prancis Terkubur di Piala Dunia Basket 2023Prancis vs Kanada di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Prancis datang ke Piala Dunia Basket 2023 dengan materi apik. Ada Rudy Gobert, Evan Fournier, dan Nicolas Batum dari NBA, serta Guerschon Yabusele dan juga Nando de Colo. Namun, mereka justru kesulitan bersaing.

Kekalahan dari Kanada di laga pertama fase grup jadi awal mimpi buruk Prancis di Piala Dunia Basket 2023. Ditambah lagi, mereka juga tumbang dari Latvia, sehingga mereka dipastikan gagal melaju ke babak kedua grup, atau babak 16 besar.

Prancis memang akhirnya tampil apik di babak losers bracket. Namun, mereka harus rela finis di peringkat 18 Piala Dunia Basket 2023, usai kalah saing dengan Sudan Selatan.

Baca Juga: Comeback Ajaib, Kanada Susul Latvia ke 8 Besar Piala Dunia Basket 2023

2. Giliran Spanyol tumbang di babak kedua grup

Spanyol dan Prancis Terkubur di Piala Dunia Basket 2023Brasil lawan Spanyol di Piala Dunia Basket 2023. (Dok. FIBA)

Awalnya, Spanyol melalui Piala Dunia Basket 2023 dengan aman-aman saja. Di fase grup, mereka sukses mengatasi perlawanan Brasil, Iran, dan Pantai Gading. Akan tetapi, juara bertahan Piala Dunia Basket itu tak berkutik di babak kedua.

Berawal dari kekalahan lawan Latvia, Spanyol pun harus tersingkir di babak kedua ini setelah tumbang di tangan Kanada dalam laga terakhir. Alhasil, Spanyol menduduki peringkat sembilan Piala Dunia Basket 2023 dan gagal melaju ke delapan besar.

3. Rudy Gobert mengakui performa para lawan

Spanyol dan Prancis Terkubur di Piala Dunia Basket 2023Rudy Gobert (nba.com)

Bintang asal Prancis, Rudy Gobert, mengaku bahwa banyak sekali kuda hitam di Piala Dunia Basket 2023 ini. Dia memang menjagokan Amerika Serikat jadi juara, tetapi tim-tim macam Latvia, Kanada, dan Republik Dominika juga menyajikan ancaman.

"Ada kuda hitam seperti Kanada, Latvia, dan Dominika juga sedang bagus mainnya. Siapa saja bisa memenangi Piala Dunia Basket 2023. Itulah indahnya olahraga ini, menarik untuk menunggu siapa yang akan menjadi juara dunia di tahun ini," ujar Gobert.

Baca Juga: 9 Ide Gaya Stylish ala Rudy Gobert, Andalan Prancis di FIBA World Cup

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya