Tak Ada MotoGP, Bagaimana Nasib Sirkuit Pertamina Mandalika?

Sirkuit Mandalika diusahakan tetap hidup

Jakarta, IDN Times - Perhelatan pramusim MotoGP Mandalika telah usai pada Minggu (13/2/2022). Lalu, akan ada gelaran MotoGP 2022 pada Maret 2022. Namun yang jadi pertanyaan, setelah MotoGP, bagaimana nasib Sirkuit Pertamina Mandalika?

Hal tersebut rupanya sudah dipikirkan betul-betul oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria. Dia menyebut, pihaknya sudah menyediakan beberapa opsi, agar Sirkuit Mandalika ke depannya bisa tetap hidup.

Baca Juga: Ingin Menonton MotoGP 2022 Mandalika? Segera Cari Penginapan

1. Diupayakan menggelar ajang skala nasional

Tak Ada MotoGP, Bagaimana Nasib Sirkuit Pertamina Mandalika?Dirut MGPA, Priandhi Satria. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Priandhi menjabarkan, Sirkuit Pertamina Mandalika kelak akan digunakan untuk menggelar ajang balap berskala nasional dan internasional. Untuk skala nasional, dia tengah berdiskusi dengan Ikatan Motor Indonesia untuk menggelar ajang balap nasional di Mandalika.

"Untuk ajang nasional, kami sedang bicara dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan penyelenggara balap nasional, untuk contohnya putaran seri nasional ada enam kali, bisa gak duanya di sini, baik itu untuk ajang balap motor atau mobil," ujar Priandhi di Mandalika, Minggu (13/2/2022).

2. Diusahakan menggelar ajang internasional selain MotoGP dan WSBK

Tak Ada MotoGP, Bagaimana Nasib Sirkuit Pertamina Mandalika?Luca Marini di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Aldila Muharma)

Selain ajang nasional, Priandhi juga tengah mengupayakan agar Mandalika bisa menggelar ajang internasional ke depannya. Tidak hanya ajang berskala dunia, ajang berskala Asia pun bisa saja dihelat di sini.

"Ajang internasional itu banyak ya, bahkan untuk level Asia sekalipun. Itu tengah kami diskusikan, apakah memungkinkan kami mengisi jeda hingga WSBK nanti dengan berbagai agenda nasional dan internasional. Itu untuk menyibukkan lintasan ini," ujar Priandhi.

Baca Juga: Polisi Lumpuhkan 21 Drone Liar Selama Pramusim MotoGP Mandalika

3. Warga ingin agar Mandalika menggelar banyak ajang

Tak Ada MotoGP, Bagaimana Nasib Sirkuit Pertamina Mandalika?Ilustrasi Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Apa yang diusahakan Priandhi ini menjadi harapan dari banyak warga, khususnya warga Lombok. Ramli, warga Sakra Barat, Lombok Timur, berharap, ajang internasional bisa terus digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Harapan saya, jangan hanya musim ini saja. Bila perlu dalam satu tahun, ada dua sampai empat kali ajang balapan internasional ini untuk menggairahkan ekonomi masyarakat dan juga pariwisata di NTB," tutur Ramli.

Hal serupa juga diutarakan warga Labuapi, Ketut Aci. Dia ingin agar Sirkuit Mandalika sering dipakai agar mendongkrak ekonomi masyarakat lokal, khususnya mereka yang tinggal di Lombok.

"Saya berharap biar Sirkuit Pertamina Mandalika lebih baik lagi, sering dipakai (tidak cuma MotoGP), supaya lebih terkenal lagi pulau Lomboknya, jadi tidak kalah dengan yang di luar," tutur Ketut.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya