Tantangan Wushu Atasi Rasa Gugup di SEA Games 2021

Wushu masih belum dapat emas

Jakarta, IDN Times - Pekerjaan rumah tengah dihadapi cabang olahraga (cabor) wushu di SEA Games 2021 Vietnam. Mereka dituntut dapat segera mengatasi rasa gugup yang sedang dialami atlet andalan mereka di ajang ini.

Pada hari pertama pertandingan Wushu di Cau Giay Gymnasium, Hanoi, wushu mendulang satu perak dan sekeping perunggu. Torehan tersebut didapat dari disiplin taolu atas nama Nandhira Mauriskha dari nomor jianshu dan Seraf Naro Siregar yang turun di nomor changquan.

Manajer tim Wushu Indonesia, Iwan Kwok, merasa masih ada yang harus ditingkatkan oleh timnya. Terlebih karena pewushu andalan Edgar Xavier Marvelo yang turun di nomor changquan harus puas di posisi tujuh dengan nilai 9,46.

"Hari ini kurang maksimal, atlet juga agak gugup sehingga membuat kesalahan sendiri. Harapannya, besok bisa lebih baik karena masih banyak pertandingan yang berpeluang meraih medali," kata Iwan dalam keterangan resminya.

1. Edgar Marvelo kurang impresif

Tantangan Wushu Atasi Rasa Gugup di SEA Games 2021Atlet Wushu Indonesia (Dok. Kemenpora/Humas PB WI)

Edgar sejatinya cukup diandalkan di nomor changquan karena pernah meraih perak Asian Games 2018. Namun, Edgar kali ini dipaksa mengakui keunggulan Seraf Naro Siregar yang mendapat perunggu usai mendapat nilai 9,69.

Medali emas diraih atlet Malaysia, Wei Clement Su, dengan raihan 9,70. Nilai tersebut sama seperti yang didapatkan wakil Singapura Juwen Si Wei.

“Atlet rasanya mungkin gugup sehingga ada kesalahan sendiri. Kami berharap besok para atlet kami bisa lebih baik lagi,” kata Iwan.

Baca Juga: Edgar Jadi Andalan Tim Wushu Indonesia di SEA Games 2021

2. Nomor taolu masih berpotensi tambah medali

Tantangan Wushu Atasi Rasa Gugup di SEA Games 2021Aksi para atlet Wushu Indonesia di nomor Taolu SEA Games 2021 (dok. Komite Olimpiade Indonesia)

Nomor taolu masih berpotensi menambah raihan medali pada Sabtu (14/5/2022). Ada Eugenia Diva Widodo yang akan tampil di nomor gunshu dan daoshu.

Pada nomor gunshu atau tongkat panjang, Eugenia saat ini menempati ranking dua dengan nilai 9,69. Hasil tersebut akan diakumulasi dengan peformanya besok di nomor daoshu (golok).

"Eugine ini debutan. Tapi, memang dari junior dia selalu jadi yang terbaik. Lawan tadi juga agak goyang tetap nilainya unggul 0,01 dari Eugine. Dia masih berpeluang emas. Harapannya di nomor golok nanti bisa maksimal," ujar Iwan.

3. Indonesia sudah meraih lima emas di SEA Games 2021

Tantangan Wushu Atasi Rasa Gugup di SEA Games 2021Upacara pembukaan SEA Games 2021 (YouTube.com/Entertainment - Mediacorp)

Dengan raihan wushu ini, Indonesia untuk sementara sudah mengumpulkan lima emas, tujuh perak, dan dua perunggu hingga Jumat (13/5/2022) petang. Raihan ini masih berpotensi bertambah karena cabor kickboxing belum merampungkan pertandingannya.

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Ferry Kono berkekuatan 499 atlet serta 214 ofisial di SEA Games 2021. Kontigen Merah Putih hanya berpartisipasi di 32 cabor, dari 40 cabor yang dipertandingkan.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Dayung Sumbang Emas ke-5 Buat Indonesia di SEA Games

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya