Edgar Jadi Andalan Tim Wushu Indonesia di SEA Games 2021

Edgar jadi salah satu andalan

Jakarta, IDN Times - Tim wushu Indonesia ditargetkan buat menyumbang medali emas dari SEA Games 2021, Hanoi, yang digelar 12 hingga 23 Mei 2022 nanti. Setidaknya, mereka diminta buat merebut tiga medali emas di multievent dua tahunan tersebut.

Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) memperhitungkan ada tiga atlet yang bisa merealisasikan target tersebut. Mereka adalah Edgar Xavier Marvello, Seraf Naro Siregar, dan Haris Horatius.

1. Ketiganya memang punya potensi

Edgar Jadi Andalan Tim Wushu Indonesia di SEA Games 2021Persiapan Pelatnas Wushu Indonesia untuk SEA Games 2022 (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pelatih kepala wushu Indonesia, Novita, saat ditemui ketika latihan di GBK Arena, Senin (25/4/2022), menyatakan ketiganya memang punya potensi meledak di SEA Games. Mereka dianggap punya kapasitas yang cukup buat bawa pulang medali emas.

"Pemerintah menargetkan wushu raih tiga medali emas. Berasal dari Edgar, Seraf Naro, dan Haris," kata Novita.

Baca Juga: Tutup Time Trial Jelang SEA Games, Timnas Renang Catat Progres

2. Edgar turun di tiga nomor pertandingan

Edgar Jadi Andalan Tim Wushu Indonesia di SEA Games 2021Edgar Xavier Marvelo Persembahkan medali emas untuk Indonesia dari cabang olahraga Wushu di SEA Games 2019 (Twitter.com/BadmintonTalk)

Edgar akan turun di tiga nomor pertandingan. Dia nantinya berlaga di nomor Changquan, Daoshu dan Gunshu.

Daoshu dan Gunshu memang menjadi keahlian Edgar. Buktinya, di SEA Games 2019 Filipina, Edgar berhasil menyabet medali dari dua nomor persebut.

Sebenarnya, tak cuma Edgar yang turun di tiga nomor. Seraf juga akan main di tiga nomor yang sama dengan Edgar.

3. Waspada adanya kecurangan

Edgar Jadi Andalan Tim Wushu Indonesia di SEA Games 2021Kepala Pelatih Wushu Indonesia, Novita (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Taolu sebenarnya merupakan nomor pertandingan yang tak terukur. Sama seperti Kata dalam Karate serta Pomsae di Taekwondo, Taolu mengandalkan keindahan.

Jadi, unsur subyektivitas akan sangat berpengaruh. Namun, Novita menyatakan anak-anak asuhnya sudah disiapkan agar tak dicurangi saat berkompetisi.

"Tim Indonesia menyiapkan atlet untuk tampil secara maksimal sehingga tidak bisa dicurangi," ujar Novita.

Baca Juga: Wushu Cuma Targetkan 3 Emas di SEA Games 2021, Kenapa?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya