Comscore Tracker

Target Marc Marquez: Comeback di MotoGP Qatar 2021

Namun, semua tergantung keputusan dokter

Jakarta, IDN Times - Pertanyaan yang selalu mencuat jelang bergulirnya MotoGP 2021, selain perkara kalender, adalah perkara kapan Marc Marquez kembali membalap.

Jadi, kapan pembalap Spanyol itu kembali ke lintasan?

Marquez pun agaknya sadar akan spekulasi yang beredar tersebut. Walhasil, pembalap Repsol Honda ini pun coba memberikan jawaban. Ia berjanji akan kembali pada saat GP Qatar. Namun, ia juga memastikan tidak akan ambil bagian dalam tes di Qatar.

"Target saya, saya ingin kembali membalap di GP Qatar). Namun, saya tidak akan ambil bagian dalam tes (di Qatar). Pertengahan Maret, tim dokter akan mengecek kondisi lengan saya. Itulah momen ketika dokter akan mengecek kondisi tulang di lengan saya," ujar Marquez, dilansir Crash.

1. Meski begitu, Marquez tidak akan memaksakan diri

Target Marc Marquez: Comeback di MotoGP Qatar 2021motogp.com

Walau Marquez punya target ingin tampil di GP Qatar, ia tetap memerhatikan apa kata dokter. Ketika dokter melarangnya untuk tampil, ia tidak akan tampil. Ia menyebut masih ada GP-GP lain yang akan jadi debut buatnya.

"Saat dokter bilang saya tidak boleh membalap, saya tidak akan membalap. Dokter yang akan menentukan. Tidak bisa di Qatar, tidak masalah, masih ada Portimao dan tempat-tempat lain. Semua memang butuh proses," ungkap pembalap berusia 28 tahun itu.

Baca Juga: Kabar Gembira, Marc Marquez Sudah Latihan Kembali 

2. Marquez akan membalap saat kondisinya sudah stabil

Target Marc Marquez: Comeback di MotoGP Qatar 2021motogp.com

Marquez sendiri mengakui baru akan berani membalap lagi jika kondisinya sudah stabil. Meski dokter nantinya mengatakan ia sudah boleh membalap, ia tetap akan mengecek kondisi lengan dan tulangnya lagi, apakah sudah stabil atau belum.

"Ketika proses penyatuan tulangnya sudah 100 persen, saya akan coba melakukan pemulihan otot. Lalu, setelah otot pulih dan fisik saya berangsur membaik--yang mana tentu butuh waktu lama--sehingga saya bisa membalap lagi, baru saya akan membalap," ujarnya.

3. Marquez sebut butuh waktu baginya untuk adaptasi

Target Marc Marquez: Comeback di MotoGP Qatar 2021motogp.com

Selepas gagal tampil di musim 2020 akibat cedera, plus menjalani operasi ketiga pada Desember 2020, Marquez belum lagi merasakan atmosfer MotoGP. Walhasil, ia pun mengaku butuh waktu untuk mengembalikan performanya seperti sediakala.

"MotoGP 2021 ini akan berbeda bagi saya. Target saya sederhana, saya ingin coba menikmati sensasi membalap lagi. Karena, bagaimanapun, saya belum bisa kembali ke performa saya (sebelum cedera). Bisa makan waktu setengah musim agar saya menjadi Marc yang dulu lagi." ujar Marc Marquez.

Baca Juga: Usai Dioperasi, Kondisi Tulang Marc Marquez Mulai Stabil

Topic:

  • Sandy Firdaus
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya