Comscore Tracker

Tembakan Tiga Poin Stephen Curry yang Terbangkan Warriors

Curry juga memecahkan rekor lagi

Jakarta, IDN Times - Bagi sebuah tim basket, tembakan tiga poin hanyalah satu dari sekian cara dalam mencetak angka. Namun, bagi pemain Golden State Warriors, Stephen Curry, tembakan tiga poin seakan jadi rutinitas dalam sebuah pertandingan.

Baru-baru ini, dalam sebuah laga NBA antara Warriors lawan Philadelphia 76ers, Selasa (20/4/2021), Curry kembali menggila. Dia mampu mencetak 49 poin, dan torehan ini membuatnya melewati catatan legenda Los Angeles Lakers, Kobe Bryant.

Curry jadi pemain pertama sepanjang sejarah NBA, yang berusia di atas 33 tahun, yang mampu mencetak 30 poin atau lebih dalam 11 laga secara beruntun. Pada 2002, Bryant hanya mampu menorehkan 30 poin atau lebih secara beruntun dalam 10 laga.

Uniknya lagi, banyaknya poin yang didapat Curry ini didapatkan dari proses tembakan tiga poin. Hal itu diakui oleh pelatih Warriors, Steve Kerr, sebagai pembeda dari catatan poin yang didapatkan Curry dengan legenda NBA yang lain.

Baca Juga: Golden State Warriors Memang Butuh Stephen Curry

1. Curry jagoan three points

Tembakan Tiga Poin Stephen Curry yang Terbangkan WarriorsPebasket Golden State Warriors Stephen Curry (kedua kanan) dilanggar pebasket Los Angeles Clippers guard Luke Kennard (5) dalam laga lanjutan NBA, di Chase Center, San Francisco, California, Amerika Serikat, Jumat (8/1/2021). Golden State Warriors berhasil menggalahkan Angeles Clippers 115 - 105 (ANTARA FOTO/Reuters-Kelley L Cox-USA TODAY Sports)

Kerr mengungkapkan, tembakan tiga poin memang jadi salah satu ciri khas dari permainan Curry. Musim ini, dia menorehkan catatan sebagai pencetak tembakan tiga angka terbanyak di NBA, dengan rataan per laga mencapai 5,1. Dia unggul jauh dari Damian Lilliard di posisi kedua.

"Total, per 21 laga, Curry bisa mencetak 10 tembakan tiga angka atau lebih, lalu ada nama Klay Thompson yang mencetak lima tembakan tiga angka. Dari lima laga terakhir, Curry mampu menorehkan empat tembakan tiga angka per laganya. Benar-benar hal di luar nalar," ujar Kerr, dilansir ESPN FC.

2. Sang pemecah rekor

Tembakan Tiga Poin Stephen Curry yang Terbangkan Warriorscbssports.com

Berkat tembakan tiga angka, berpadu dengan permainan apiknya sebagai seorang guard, Curry jadi pendulang skor ulung buat Warriors musim ini. Tidak cuma itu, dia juga berulang kali jadi pemecah rekor-rekor di NBA.

Selain memecahkan rekor Bryant, Curry juga sukses menggeser posisi Wilt Chamberlain sebagai pencetak poin terbanyak sepanjang masa Golden State Warriors. Curry mampu menorehkan 17.818 poin, melampaui catatan Chamberlain yang mencatatkan 17.783 poin.

"Ya, dari Wilt pekan lalu dan rekor ini (memecahkan rekor Bryant), saya sebetulnya sadar. Tapi ya, dibawa santai sajalah. Intinya, main basket saja dengan senang, tetapi tetap agresif, dan harus selalu bisa menguasai diri saat pertandingan," ungkap Curry.

3. Curry pemain spesial

Tembakan Tiga Poin Stephen Curry yang Terbangkan WarriorsPebasket Golden State Warriors Stephen Curry (30) melempar bola melewati hadangan pebaket Minnesota Timberwolves Malik Beasley (5) pada kuarter pertama laga NBA di Chase Center, San Francisco, California, AS (25/1/2021). ANTARA FOTO/Kyle Terada-USA TODAY Sports

Rekan setim Curry di Warriors, Andrew Wiggins, melihat Curry itu adalah pemain yang spesial. Dia adalah satu di antara talenta-talenta yang pernah lahir di NBA macam Kobe Bryant, Michael Jordan, dan sebagainya.

"Ketika saya berada di tim yang beda dengannya, saya bisa melihat apa yang dia (Stephen Curry) lakukan, kreativitasnya. Namun, saat saya satu tim dengannya, semua benar-benar berbeda. Dominasinya di dalam dan luar lapangan benar-benar terasa," ujar Wiggins.

Baca Juga: Stephen Curry Sampai Geleng-geleng Golden State Warriors Kalah Lagi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya