Tiga Nama Masuk Kandidat Final MVP NBA 2020/21, Ini Daftarnya

Mereka adalah Joel Embiid, Stephen Curry, dan Nikola Jokic

Jakarta, IDN Times - NBA sudah mengumumkan tiga nama yang masuk sebagai finalis peraih Most Valuable Player (MVP) Award musim 2020/21. Mereka adalah pemain-pemain yang memang tampil menonjol musim ini.

Ketiga nama tersebut adalah Stephen Curry (Golden State Warriors), Nikola Jokic (Denver Nuggets), dan Joel Embiid (Philadelphia 76ers). Secara statistik, mereka memang lebih unggul dibandingkan para pemain NBA lain musim ini.

1. Jokic, Embiid, dan Curry punya keunggulan masing-masing

Tiga Nama Masuk Kandidat Final MVP NBA 2020/21, Ini Daftarnyanba.com

Baik itu Jokic, Embiid, dan Curry memiliki catatan apiknya masing-masing musim ini. Sebagai center, penampilan Embiid dan Jokic musim ini laik mendapatkan sorotan. Jokic menorehkan rataan poin sebesar 26,4, rataan rebound sebesaar 10,8, serta rataan asis sebesar 8,3 per laga.

Sedangkan Embiid, ia mampu menorehkan rataan poin 28,5, rataan rebound sebesar 10,6, serta rataan asis sebesar 2,8 per laga. Ia juga mampu mencatatkan rataan blok per laga sebanyak 1,4 kali. Ia jadi salah satu center yang diperhitungkan di Eastern Conference.

Sementara itu, Curry memang rutin memecahkan rekor musim ini. Dengan torehan poin yang kerap mencapai 30 setiap laga, rataan poin pemain berusia 33 tahun itu musim ini jadi yang tertinggi di antara pemain NBA yang lain, yakni 32 poin per laga.

Selain itu, di tengah absennya Klay Thompson, Curry mampu mengangkat dan membawa Warriors bersaing dengan apik selama musim reguler. Kini, Warriors masih berkesempatan untuk lolos ke babak play-off jika mampu menundukkan Memphis Grizzlies di babak play-in.

Baca Juga: Ironi Play-In NBA: Duel Raksasa  LA Lakers vs Warriors

2. Siapa pun yang dapat MVP, akan jadi catatan tersendiri

Tiga Nama Masuk Kandidat Final MVP NBA 2020/21, Ini DaftarnyaAssociated Press Photo/Nick Wass

Siapa pun di antara Embiid, Jokic, dan Curry yang nantinya meraih gelar MVP, itu akan jadi sebuah catatan tersendiri. Jika nanti yang meraih MVP adalah Embiid atau Jokic, itu akan jadi yang pertama kalinya sejak Shaquille O'Neal pada 2000 silam, pemain yang berposisi center meraih MVP.

Lalu, andai Curry yang meraih MVP, ia akan menyamai torehan Magic Johnson, Larry Bird, dan Moses Malone sebagai pemain yang mampu meraih tiga MVP sepanjang karier di NBA. Curry akan menyejajarkan dirinya dengan para legenda.

3. NBA akan mengumumkan semua penghargaan saat babak play-off

Tiga Nama Masuk Kandidat Final MVP NBA 2020/21, Ini DaftarnyaGoogle

Dilansir ESPN FC, NBA akan mengumumkan semua penghargaan pada babak play-off mendatang. Ini berlawanan dengan tradisi yang biasanya dijalankan NBA. Biasanya, semua penghargaan akan diumumkan di akhir musim nanti.

Namun, sebenarnya ini bukan hal baru bagi NBA. Musim lalu, mereka mengumumkan semua penghargaan--termasuk MVP--pada babak play-off. Saat itu, prosesi pengumuman diadakan di Walt Disney World Resort, Orlando, Florida.

Baca Juga: Ironi Play-In NBA: Duel Raksasa  LA Lakers vs Warriors

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Bella Manoban

Berita Terkini Lainnya