Tim Hoki Indoor Sukses Catatkan Sejarah di SEA Games 2023

Tim hoki indoor sukses putus dominasi Malaysia

Jakarta, IDN Times - Cabang olahraga hoki indoor di Asia Tenggara, sejatinya selalu jadi milik Malaysia. Namun, pada SEA Games 2023, hal itu tidak berlaku. Indonesia sukses memutus dominasi Negeri Jiran dan mencetak sejarah.

Dalam final yang berlangsung di Dinosaur Hall Phnom Penh, Minggu (7/5/2023), Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia lewat adu penalti. Perjuangan Indonesia mengalahkan Malaysia ini juga terbilang heroik.

1. Apresiasi bagi perjuangan tim hoki indoor Indonesia

Tim Hoki Indoor Sukses Catatkan Sejarah di SEA Games 2023Timnas Hoki Indoor Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja (dok.NOC Indonesia/Evan Andraws)

Atas keberhasilan di SEA Games 2023 ini, Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) mengapresiasi kerja keras seluruh pemain yang berbuah emas. Apalagi, pencapaian ini juga menjadi sejarah untuk tim hoki indoor putra Indonesia.

"Mereka telah mencatat sejarah, membawa tim hoki indoor Indonesia juara SEA Games 2023. Mereka meruntuhkan nama besar Malaysia sebagai raja hoki indoor putra Asia Tenggara," tutur Sekretaris Jenderal PP FHI, Yasser Arafat Suaidy, dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Indonesia Tambah 3 Emas Lagi dari Hoki dan Renang di SEA Games 2023

2. CdM Indonesia turut memberikan pujian

Tim Hoki Indoor Sukses Catatkan Sejarah di SEA Games 2023Hoki Indoor Putra dan Putri Indonesia sukses meraih kemenangan pada pertandingan perdana di SEA Games 2023 Kamboja. (dok. IDN Times/Istimewa)

Chef de Mission (CdM) Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, melayangkan selamat atas keberhasilan tim hoki indoor putra. Kesuksesan ini merupakan bukti pembinaan olahraga beregu Tim Indonesia telah mengalami peningkatan.

"Prestasi ini membuktikan pembinaan olahraga beregu Indonesia semakin meningkat dan menunjukkan bangsa kita kompak. Sebab, olahraga beregu dibutuhkan kekompakan atau kerja sama yang baik," ujar Lexy.

3. Jalan terjal tim hoki indoor putra Indonesia

Tim Hoki Indoor Sukses Catatkan Sejarah di SEA Games 2023Hoki Indoor Putra dan Putri Indonesia sukses meraih kemenangan pada pertandingan perdana di SEA Games 2023 Kamboja. (dok. IDN Times/Istimewa)

Indonesia sejatinya sempat tertinggal 0-3 dari Malaysia di final. Namun, Pasukan Merah Putih secara heroik berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 sehingga pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti, Indonesia unggul 2-1 lewat Prima Rinaldi dan Andre Guntara. Emas SEA Games 2023 pun menjadi milik tim hoki indoor putra Indonesia.

Baca Juga: Tim Hoki Indonesia Catat Start Bagus di SEA Games 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya