Comscore Tracker

Timnas Basket  Disambut Meriah saat Tiba di Indonesia

Timnas Basket catatkan sejarah di SEA Games 2021

Jakarta, IDN Times - Timnas Basket Indonesia akhirnya datang di Jakarta pada Selasa (24/5/2022) pagi. Mereka pulang selepas membela panji-panji Merah Putih di SEA Games 2021 Vietnam.

Timnas Basket Indonesia pulang sebagai pahlawan. Mereka menggondol satu emas, satu perak, dan satu perunggu. Apiknya lagi, emas ini mereka dapat selepas menundukkan kekuatan basket Asia, Filipina, di laga penentuan.

Tak heran, kepulangan Timnas Basket Indonesia ini disambut meriah oleh beberapa kalangan, termasuk Perbasi. Mereka bahkan sampai menyediakan spanduk 'Selamat Datang Juara' bagi Timnas Basket Indonesia.

1. Semua penggawa mendapatkan karangan bunga

Timnas Basket  Disambut Meriah saat Tiba di IndonesiaTimnas basket Indonesia merayakan keberhasilan raih emas di SEA Games 2021 / Dokumentasi Komite Olimpiade Indonesia

Dalam kesempatan ini, semua penggawa Timnas Basket, baik itu tim pria, wanita, 3x3, dan 5x5, menerima karangan bunga. Staf-staf Timnas seperti manajer dan ofisial tim, juga tak lepas dari karangan bunga ini.

Karangan bunga ini diberikan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, yang didampingi Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih. Okto merasa, acara penyambutan ini sangat meriah karena basket meraih prestasi.

"Karena hari ini, kami menjemput tim basket, meski kita finis di peringkat tiga klasemen medali SEA Games 2021, rasanya kami seperti peringkat satu. Jadi, medali emas dari basket ini jadi euforia tersendiri bagi kita semua," ujar Okto di Bandara Soekarno Hatta.

Baca Juga: Sabet Emas SEA Games, Timnas Basket Indonesia Harus Naik Level

2. Marques Bolden dan Derrick Michael senang bisa catat sejarah

Timnas Basket  Disambut Meriah saat Tiba di IndonesiaTimnas basket Indonesia merayakan keberhasilan raih emas di SEA Games 2021 / Dokumentasi Komite Olimpiade Indonesia

Dalam acara penyambutan ini, hadir juga dua pemain potensial Indonesia, Marques Bolden dan Derrick Michael. Keduanya jadi sosok penting di balik medali emas Timnas Basket Indonesia di ajang SEA Games 2021.

Bolden pun senang dapat memberikan emas bagi Indonesia di ajang SEA Games 2021 ini. Meski begitu, dia mengaku tugasnya belum selesai, sebab ada beberapa ajang lain yang akan dilalui oleh Timnas Basket Indonesia.

"Ini jadi kesempatan saya mengenakan baju Merah Putih, dan saya senang membawa emas. Kami sudah pulang sekarang, tetapi sebetulnya pekerjaan kami belum selesai," ujar Bolden.

Sementara itu, Derrick bangga menjadi bagian dari sejarah Indonesia. Dia juga bersyukur bisa main bagus sepanjang laga, dan berterima kasih kepada semua fans basket yang ada di Indonesia.

"Rasanya bangga banget sih bisa jadi bagian sejarah basket Indonesia. Ya aku bangga banget bisa main bersama rekan setim, senior yang jauh di atas, dan bersyukur bisa bermain sangat bagus,” ujar Derrick.

3. Basket catatkan sejarah di SEA Games 2021

Timnas Basket  Disambut Meriah saat Tiba di IndonesiaTimnas basket Indonesia merayakan keberhasilan raih emas di SEA Games 2021 / Dokumentasi Komite Olimpiade Indonesia

Timnas Basket Indonesia berhasil memutus dominasi Filipina di SEA Games. Dalam duel di Thanh Tri Sports Center, Minggu (22/5/2022), Timnas Basket berhasil menang atas Filipina dengan skor 85-81. Mereka pun berhak atas medali emas.

Hebatnya, emas Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2021 ini jadi pertanda berhentinya dominasi Filipina di basket SEA Games. Sejak 1977, Filipuna sukses meraih 18 dari 20 medali emas yang tersedia. Kini, Indonesia memutus dominasi tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Keren! Indonesia Putus Dominasi Filipina di Basket SEA Games

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya