Comscore Tracker

TNI Cek Pengamanan Stadion Lukas Enembe Jelang PON Papua

Pangdam TNI harap PON Papua berjalan lancar

Jakarta, IDN Times - Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, mengecek kesiapan pengamanan jelang di Stadion Utama Lukas Enembe, Sabtu (25/9/2021). Hal ini untuk memastikan keamanan acara pembukaan PON Papua 2021.

Dalam pengecekan tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen didampingi oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan. Mereka juga ditemani Asisten Kasdam dan Kabalakdam XVII/Cenderawasih, serta beberapa pejabat Polda Papua.

"Pengecekan ini bertujuan untuk melihat kesiapan Kodam XVII/Cenderawasih dalam melaksanakan pengamanan PON Papua dan pengamanan VVIP saat acara pembukaan yang direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2021," ucap Yogo dalam keterangan resminya.

Baca Juga: PON Papua 2021 Diguyur Dana Tambahan Rp1,4 Triliun

1. Suksesnya PON jadi kebanggaan masyarakat Papua

TNI Cek Pengamanan Stadion Lukas Enembe Jelang PON PapuaPangdam XVII/Cendrawasih cek kesiapan Stadion Lukas Enembe jelang PON Papua. (dok. Puspen TNI)

Yogo mengungkapkan, suksesnya penyelenggaraan PON Papua ini akan berdampak pada banyak pihak. Tidak cuma bagi Pemprov Papua, Kodam XVII/Cenderawasih maupun Polda Papua, tetapi juga akan menjadi kebanggaan masyarakat lokal.

"Selain itu juga, dapat menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, Papua bisa dan mampu menyelenggarakan event bertaraf nasional," ujar Yogo.

2. Pangdam TNI ajak masyarakat mendukung PON Papua

TNI Cek Pengamanan Stadion Lukas Enembe Jelang PON PapuaPangdam XVII/Cendrawasih cek kesiapan Stadion Lukas Enembe jelang PON Papua. (dok. Puspen TNI)

Mencermati dampak positif yang mungkin dihasilkan dari suksesnya PON Papua, maka Yogo mengajak kepada seluruh masyarakat Papua untuk bersama-sama mendukung, mengamankan, dan menyukseskan gelaran PON Papua 2021. Demi harga diri Papua dan Indonesia.

"Saya selaku Pangdam XVII/Cenderawasih mengajak seluruh masyarakat Papua untuk bersama-sama saling mendukung, mengamankan dan menyukseskan PON XX demi nama besar dan harga diri masyarakat Papua," ujar Yogo.

3. PON Papua berlangsung di empat klaster

TNI Cek Pengamanan Stadion Lukas Enembe Jelang PON PapuaPemain Sulawesi Selatan, Fahrezi (kiri) mencoba melewati hadangan pemain Maluku Utara, Arjawan Bailusi dalam pertandingan babak penyisihan grup cabor Futsal PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9/2021). PB PON XX Papua / Ady Sesotya

PON Papua berlangsung di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Digelarnya PON mendorong pembangunan fasilitas olahraga standar internasional di Papua.

Khusus bagi atlet Papua, PON tentu jadi berkah. Sebab, mereka jadi memiliki tempat representatif untuk berlatih dan mengembangkan diri. Nantinya, mereka bisa juga jadi wakil Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga: Menko PMK Minta Antisipasi Terjadinya Kerumunan di PON XX Papua

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya