Undian Pool IBL 2022: Satria Muda dan Pelita Jaya Terpisah

IBL 2022 sudah melaksanakan undian pool

Jakarta, IDN Times - Pihak Indonesia Basketball League (IBL) sudah menyusun pembagian pool untuk gelaran IBL 2022. Total, delapan tim berada di Pool Merah dan delapan tim lain berada di Pool Putih. Satria Muda dan Pelita Jaya berada di pool berbeda.

"Kedua tim teratas pada musim lalu, Satria Muda Pertamina Jakarta dan Pelita Jaya Jakarta berada dalam pot 1. Kemudian diikuti pada pot 2 adalah semifinalis musim lalu, West Bandits Solo dan Dewa United Surabaya," ujar Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dilansir situs resmi IBL.

1. Pembagian pool berdasarkan pot

Undian Pool IBL 2022: Satria Muda dan Pelita Jaya TerpisahSatria Muda Juara IBL 2021. (Dok. IBL)

Junas mengungkapkan, pembagian pool kali ini berdasarkan pot yang sudah ditetapkan. Jika di pot 1 ada Pelita Jaya dan Satria Muda, plus pot 2 ada West Bandits Solo dan Dewa United Surabaya, maka pot-pot lain juga sudah terisi oleh tim-tim, berdasarkan prestasi mereka musim lalu.

"Pada pot 3 bergabung dua tim yang lolos ke play off musim lalu, DNA Bima Perkasa Jogja dan Prawira Bandung. Sepuluh tim lainnya ada di pot 4,” ujar Junas.

2. Pool Merah dan Putih sama beratnya

Undian Pool IBL 2022: Satria Muda dan Pelita Jaya Terpisahiblindonesia.com

Pelatih Tangerang Hawks, Efri Meldy, berujar bahwa berada di pool manapun, setiap tim akan menghadapi rintangan berat. Terbaginya tim-tim kuat ke dua pool berbeda membuat peta persaingan lebih merata. Tidak ada yang terlalu menonjol di salah satu pool.

"Berada di pool manapun sama-sama beratnya. Saya akan lebih fokus pada gim demi gim,” ujar Efri.

3. Delapan tim akan maju ke babak play-off

Undian Pool IBL 2022: Satria Muda dan Pelita Jaya TerpisahIBL 2021. (Dok. IBL)

Tim yang berada pada satu pool akan memainkan format kompetisi penuh, sementara untuk lintas pool akan berlangsung dengan sistem round robin. Delapan tim terbaik berhak maju ke babak play-off nantinya.

“Delapan tim terbaik akan maju ke babak play off. Babak play off direncanakan akan berlangsung dengan sistem home and away dan format best of three,” jelas Junas.

Di babak play off, peringkat pertama akan ditantang peringkat delapan, peringkat kedua melawan peringkat ketujuh, rangking ketiga menghadapi urutan keenam, dan posisi keempat bertarung melawan peringkat kelima.

Total babak reguler akan memainkan 176 pertandingan, sedangkan di babak play off bakal tergelar 21 pertandingan. Berikut adalah pembagian lengkap Pool Merah dan Putih di ajang IBL 2022.

Pool Merah

1. Satria Muda Pertamina Jakarta

2. West Bandits Solo

3. DNA Bima Perkasa Jogja

4. Tangerang Hawks

5. Bumi Borneo Basketball Pontianak

6. Satya Wacana Saints Salatiga

7. Pacific Caesar Surabaya

8. Indonesia Patriots

Pool Putih

1. Pelita Jaya Jakarta

2. Dewa United Surabaya

3. Prawira Bandung

4. Bali United Basketball

5. Hangtuah Jakarta

6. NSH Mountain Gold Timika

7. RANS PIK Basketball

8. Evos Bogor Basketball

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya