Venue Sepatu Roda PON Papua Bisa Jadi Tempat Pelatnas

Venue sepatu roda PON Papua telah tuntas dibangun

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, selepas PON Papua 2021, venue sepatu roda bisa dijadikan tempat pelatihan dan penempaan atlet-atlet sepatu roda dari seluruh Indonesia. Penggunaannya bisa untuk jangka panjang.

"Jadi memang menyiapkan tempat ini tidak main-main. Kami harapkan bisa berkelanjutan setelah PON berakhir dan ini bisa menjadi pusat pelatihan, pusat penempaan atlet-atlet sepatu roda Indonesia," ujar Muhadjir saat meninjau langsung venue sepatu roda, Rabu (8/9/2021).

1. Venue sepatu roda sudah rampung

Venue Sepatu Roda PON Papua Bisa Jadi Tempat PelatnasVenue sepatu roda untuk PON Papua. (Dok. Humas Kemenko PMK)

Lebih lanjut, Muhadjir mengungkapkan venue sepatu roda telah rampung 100 persen dan siap digunakan di ajang PON Papua. Venue ini dibangun di atas Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura.

"Alhamdulillah sudah selesai, tinggal penataan lingkungan saja yang belum. Penanaman tanaman keras, peyempurnaan pintu masuk, tempat parkir, tapi secara keseluruhan sudah," tutur Muhadjir.

Baca Juga: Baru Pulih dari Tifus, Ega Yakin Bawa Medali untuk Jatim di PON Papua

2. Venue lain juga diklaim sudah tuntas dibangun

Venue Sepatu Roda PON Papua Bisa Jadi Tempat PelatnasSuasana lapangan pertandingan bulu tangkis di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Selain venue sepatu roda, Muhadjir juga mengklaim hampir seluruh venue untuk PON Papua sudah tuntas. Sedangkan, untuk fasilitas layanan kesehatan selama PON berlangsung, telah disiapkan oleh pemerintah pusat, daerah, dan juga PB PON selaku panitia penyelenggara.

"Pengamanan kesehatan untuk perlengkapan sudah disiapkan dan untuk peralatan sebentar lagi akan dikirim dari pusat satu sampai dua hari ini. Kalau untuk dana PON, kekurangannya yang diajukan dari Pemprov Papua sudah dalam proses," tegas Muhadjir.

3. Muhadjir berharap atlet bisa meraih prestasi

Venue Sepatu Roda PON Papua Bisa Jadi Tempat PelatnasVenue sepatu roda untuk PON Papua. (Dok. Humas Kemenko PMK)

Muhadjir meminta para atlet untuk berlatih sungguh-sungguh sehingga bisa meraih prestasi tingkat nasional termasuk di ajang PON Papua. Lebih bagus lagi, jika ke depannya atlet-atlet Indonesia juga berprestasi pada setiap pertandingan internasional.

"Kalau venue saja sudah bertaraf internasional, terbaik kedua se-Asia, kemudian tidak melahirkan atlet terbaik internasional, saya kira itu yang perlu dicapai oleh para atlet," terang Muhadjir.

PON Papua akan segera berlangsung pada tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang. Pemerintah memastikan venue untuk seluruh cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan telah dibangun dan siap digunakan.

Baca Juga: Jelang PON Papua 2021, Tim Voli Pantai Bali Latihan Adaptasi Suhu

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya