Fakta Mario Aji, Pembalap Indonesia yang Start Grid Depan di Mandalika

Talenta Mario Aji memang luar biasa

Jakarta, IDN Times - Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji, menggebrak di Moto3 Mandalika, Sabtu (19/3/2022). Dalam sesi kualifikasi, dia tampil gemilang hingga akhirnya dipastikan start dari posisi ketiga di sesi balapan Moto3 yang digelar Minggu (20/3/2022).

Sebenarnya, tak heran bagi Mario Aji bisa tampil impresif di Moto3 musim ini. Meski ini jadi musim pertama Mario Aji tampil sebagai pembalap full time Honda Team Asia, talentanya sudah terlihat sejak 2018 lalu.

1. Masuk sekolah balap sejak usia 10 tahun

Fakta Mario Aji, Pembalap Indonesia yang Start Grid Depan di MandalikaPebalap Honda AHRT Mario Suryo (Dok. IDN Times)

Karier Mario Aji diawali pada 2014 lalu, tepatnya saat masih berusia 10 tahun, ketika masuk Hendriansyah Racing School, Yogyakarta. Bakatnya terus diasah di sana dan langsung menjajal kemampuannya di Honda Dream Cup.

Mario Aji kemudian jadi pembalap binaan Astra Honda Motor. Pemuda kelahiran Magetan 18 tahun lalu itu terus menanjak kariernya. Dari Honda Dream Cup, dia naik kelas ke Idemitsu Talent Cup di 2018.

Pada musim pertamanya di Idemitsu Talent Cup 2018, Mario Aji langsung finis di posisi lima. Kala itu, Mario berhasil menyabet satu kemenangan dan tiga kali naik podium.

Baca Juga: [BREAKING] Keren! Mario Suryo Aji Start Ketiga di Moto3 Mandalika

2. Dapat wildcard Moto3 di musim lalu

Fakta Mario Aji, Pembalap Indonesia yang Start Grid Depan di MandalikaDok. IDN Times/IStimewa

Musim 2021 menjadi awal karier Mario Aji di pentas yang lebih tinggi, Moto3. Mario Aji kala itu mendapatkan wildcard untuk mengaspal di dua seri Moto3.

Dia tampil di Emilia-Romagna dan Algarve. Tapi, sialnya Mario Aji gagal mengaspal di Algarve. Dia cedera, meski sempat tampil impresif di Misano.

3. Start pertama di grid depan Moto3

Fakta Mario Aji, Pembalap Indonesia yang Start Grid Depan di MandalikaDok. IDN Times/IStimewa

Ini menjadi start terdepan pertama buat Mario Aji di Moto3. Setelah tampil kurang memuaskan dengan finis di peringkat 19 Moto3 Qatar, Mario Aji membuka peluang untuk finis terdepan di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Dia akan start dari posisi ketiga di Moto3 Mandalika. Catatan tersebut diraihnya setelah berhasil merebut posisi tiga teratas di kualifikasi kedua (Q2).

Baca Juga: [BREAKING] Pembalap Indonesia Mario Suryo Aji Bisa Sabet Pole Position Moto3

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya