Indonesia Dapat Slot Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Angkat Besi

Waktu pelaksanaan masih dibahas

Jakarta, IDN Times - Indonesia mendapat kabar baik dari Federasi Angkat Besi Internasional (IWF). Satu tiket untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia sudah pasti didapatkan oleh Indonesia.

Pelaksanaan Kejuaraan Dunia di Indonesia masih dibahas lebih lanjut. Sebab, hingga kini koordinasi dengan Pengurus Pusat Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PP PABSI) terkait penyelenggaraan Kejuaraan Dunia masih dibicarakan.

Baca Juga: Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!

1. Jatah sudah disegel

Indonesia Dapat Slot Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Angkat BesiLifter putra Sulawesi Selatan Rahmat Erwin A mengangkat beban pada kelas 81 kg putra PON Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua, Kamis (7/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Kepastian Indonesia mendapat jatah jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia muncul ketika Presiden IWF, Mohammed Jalood, bertemu dengan Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, dalam SEA Games 2023 Kamboja.

Ketika menyaksikan penampilan Rahmat Erwin Abdullah ketika menyabet emas di Kamboja dan memecahkan tiga rekor SEA Games sekaligus.

"Indonesia di cabang olahraga angkat besi, adalah negara yang kuat. Kami sangat mengapresiasi karena dari sisi doping, atlet Indonesia sejak dulu juga bersih. Indonesia juga mendapat hasil yang bagus. Sepakat, saya akan memberikan jatah Kejuaraan Dunia IWF buat Indonesia," kata Jalood dalam pernyataan resminya, Senin (15/5/2023).

2. Jadi dorongan buat cabor lain

Indonesia Dapat Slot Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Angkat BesiSutjiati Narendra bertemu dengan Ketua KOI, Raja Sapta Oktohari (dok. NOC Indonesia)

Okto berterima kasih atas kepercayaan IWF terhadap Indonesia. Nantinya, Okto akan membahas lebih lanjut keputusan IWF terkait Indonesia.

"Ini kesempatan luar biasa bagi kami, terutama lifter Indonesia. NOC Indonesia mendorong seluruh cabor bisa membawa event internasional ke sini," ujar Okto.

3. Indonesia kuat di Angkat Besi

Indonesia Dapat Slot Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Angkat BesiLifter Indonesia Eko Yuli Irawan melambaikan tangan sesuai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Eko Yuli berhasil mempersembahkan medali perak dengan total angkatan 302 kg. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Memang, Indonesia kerap melahirkan sejumlah lifter yang tangguh. Beberapa atlet senior bahkan masih aktif hingga sekarang dan mampu meraih prestasi.

Eko Yuli Irawan menjadi salah satu atlet senior teraktif dan baru saja meraih emas di SEA Games 2023. Eko bahkan bertekad untuk bisa kembali berlaga di Olimpiade 2024, Paris.

Baca Juga: Sepak Takraw dan Angkat Besi Tambah 3 Emas dari SEA Games 2023 Kamboja

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya