Kisah Jeka Saragih Tembus UFC Meski Statusnya Cadangan

Jeka Saragih buktikan diri kapasitasnya gak kaleng-kaleng

Kisah menarik terkuak dari keberhasilan petarung Indonesia, Jeka Saragih, dalam menembus pentas Ultimate Fighting Championship. Jeka mengaku sebenarnya cuma menjadi petarung pengganti kala berlaga di Road To UFC musim perdana yang bergulir akhir 2022 hingga awal 2023 lalu.

Meski cuma menjadi petarung pengganti, Jeka nyatanya bisa meraih kesuksesan. Dia mendapat kontrak lima pertarungan dari UFC, membuatnya punya potensi untuk membuktikan diri.

"Saya sebenarnya cuma petarung pengganti. Sebab, petarung dari China bermasalah dengan dokumennya. Jadi, dari situlah saya bisa bertarung," ujar Jeka saat bincang-bincang ringan dengan IDN Times dalam UFC Media Day.

1. Tak berkecil hati dengan status cadangan

Kisah Jeka Saragih Tembus UFC Meski Statusnya CadanganJeka Saragih (instagram/jekasaragih)

Status itu tak bikin Jeka berkecil hati. Sebaliknya, dia malah bersemangat dan ingin membuktikan diri punya kemampuan yang cukup untuk bersaing di turnamen kelas dunia macam UFC.

"Akhirnya, saya termotivasi, ingin membuktikan diri, layak bersaing di pentas internasional macam UFC," kata Jeka.

Baca Juga: Jeka Saragih Tak Mau Buru-buru Debut di UFC

2. Waktunya petarung Indonesia buktikan diri

Kisah Jeka Saragih Tembus UFC Meski Statusnya CadanganPetarung Indonesia, Jeka Saragih (merah), dalam Road to UFC (Dokumentasi UFC)

Pembuktian Jeka sebenarnya sudah terlihat ketika mampu menang atas salah satu favorit juara, Ki Won Bin. Diakuinya, kemenangan itu membuatnya semakin percaya diri dan yakin bisa bersinar di pentas UFC.

"Memang, sudah saatnya MMA Indonesia membuktikan diri. Petarung Indonesia itu bisa bersaing di pentas internasional," terang Jeka.

Baca Juga: Teken Kontrak, Jeka Saragih Jadi Petarung UFC Indonesia Pertama!

3. Belum jelas kapan debut

Kisah Jeka Saragih Tembus UFC Meski Statusnya CadanganJeka Saragih (ufc.com)

Debut Jeka di UFC masih belum jelas. Namun, dia merasa tak usah buru-buru dalam melakoni debut lantaran banyak yang harus diperbaikinya di sejumlah aspek.

"Saya cuma harus disiplin, sehingga dalam lima kontrak yang dijalani bisa maksimal. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ujar Jeka.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya