Kronologi ANOC World Beach Games 2023 Batal, Bikin Kaget

Tak ada tanda-tanda sepekan terakhir, menurut ANOC

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali menanggung malu akibat pencabutan status tuan rumah dalam ANOC World Beach Games 2023. Bali, per Selasa (4/7/2023), dicabut statusnya sebagai tuan rumah.

Hal ini menyebabkan ANOC World Beach Games 2023 batal digelar. ANOC menyatakan kalau tak mungkin turnamen dipindah ke tempat lain lantaran pengumuman dari panitia lokal (LOC) terkait ketidaksanggupannya terlalu mepet.

"Pada akhirnya kami harus memutuskan event tahun ini tak digelar. Mustahil dengan waktu yang tersisa sebulan, karena event digelar pada Agustus mendatang, mencari tuan rumah pengganti," begitu pernyataan resmi ANOC.

Bali dicoret karena alasan anggaran. Menurut pernyataan ANOC, LOC mengaku tak mendapatkan dana dari pemerintah pusat untuk menggelar turnamen.

Pengakuan ini, masih disebutkan oleh ANOC, begitu mengejutkan. Sebab, dalam rapat mingguan yang digelar, tak ada tanda-tanda Indonesia untuk mundur sebagai tuan rumah.

Selain itu, LOC juga selalu menjamin kepada ANOC setiap masalah yang ada, sudah ditemukan jalan keluarnya.

"Seperti ajang multievent lainnya yang terkendala sejumlah masalah, ANOC selalu diyakinkan LOC kalau solusi sudah ditemukan dan turnamen berjalan sesuai rencana. ANOC bersama LOC selalu rapat mingguan, dan tak ada tanda-tanda keputusan mengejutkan seperti ini keluar," lanjut pernyataan ANOC.

Garansi yang diberikan pada akhirnya tak terbukti. World Beach Games 2023 akhirnya batal.

"ANOC meminta maaf kepada para atlet, NOC peserta, hingga federasi internasional yang menjadi mitra dan berkomitmen untuk event ini. Khususnya, kami minta maaf ke fans," tulis ANOC.

Baca Juga: Bali Dicoret, ANOC World Beach Games 2023 Gagal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya