Penghormatan Yamaha Buat Valentino Rossi

Yamaha harus merelakan Rossi pensiun

Jakarta, IDN Times - MotoGP pada akhirnya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Valentino Rossi. Fans balap motor terpopuler dunia, pada akhirnya harus merelakan sang legenda menutup kariernya di penghujung musim 2021.

Yamaha tentu tak akan melupakan jasa Rossi. Pabrikan asal Jepang itu mengaku sangat kehilangan sosok Rossi.

Presiden Yamaha, Yoshihiro Hidaka, memberikan penghormatan khusus kepada Rossi. Dia mengaku tersanjung, The Doctor mau mengakhiri karier bersama Yamaha.

"Kami begitu bahagia, Valentino memutuskan untuk bertahan bersama Yamaha, hingga akhir kariernya di MotoGP," kata Hidaka dikutip Crash.

1. Rossi sang penyelamat

Penghormatan Yamaha Buat Valentino RossiInstagram/valeyellow46

Rossi, menurut Hidaka, merupakan pria yang spesial. Sebab, Rossi berhasil menyelamatkan muka Yamaha.

Pada akhir musim 2003 silam, Rossi membuat keputusan mengejutkan dengan menyeberang langsung dari Honda ke Yamaha, yang saat itu memang sedang mengalami krisis. Dengan hadirnya Rossi, Yamaha kembali bergairah.

Mereka bangkit dan mampu bicara lebih banyak di lintasan MotoGP. Pada 2005, Rossi membawa Yamaha jadi juara. Tiga tahun setelahnya, The Doctor kembali membuat gebrakan dengan bawa Yamaha berkuasa. Musim 2009, Rossi kembali bawa Yamaha berjaya.

Rossi sempat pindah ke Ducati, tapi pada akhirnya pulang di 2013 dan membuat Yamaha kembali bertaji.

"Di Yamaha, kami benar-benar menciptakan sebuah prestasi, warisan. Selama 16 tahun bermitra, kami selalu menciptakan persaingan sehat dan luar biasa. Karier Valentino di Yamaha nilainya tak terhingga," ujar Hidaka.

Baca Juga: Mengenang Perjalanan Karier Valentino Rossi di MotoGP

2. Hormati Rossi

Penghormatan Yamaha Buat Valentino Rossimotogp.com

Sebenarnya, kabar pensiunnya Rossi jadi hal yang menyedihkan buat Yamaha. Namun, Hidaka tak bisa menahan Rossi lebih lama, karena memang hal itu sudah jadi keputusan sang pembalap.

"Saya begitu bersyukur bisa dipertemukan dengan Valentino dan apa yang sudah diberikannya kepada kami. Pastinya, kami merindukan aksinya di atas trek, paddock, dan segala kegiatan Yamaha. Kami menghormati keputusannya," jelas Hidaka.

3. Dongeng itu harus berakhir

Penghormatan Yamaha Buat Valentino RossiValentino Rossi saat berada di pitlane GP Catalunya (motogp.com)

Sementara itu, Direktur Operasional Yamaha, Lin Jarvis, menyatakan kalau kehadiran Rossi di 2003 telah menggugah semangat tim berlogo garpu tala itu untuk kembali bersaing. Hadirnya Rossi, membuat Yamaha percaya diri, label mereka sebagai salah satu raksasa otomotif belum luntur.

"Kemitraan dengan Valentino begitu ikonik, seperti dongeng. Kami sangat beruntung bisa jadi pilihan Valentino. Dia memberikan kami kepercayaan diri dan mampu jadi juara dunia," jelas Jarvis.

Baca Juga: [BREAKING] Valentino Rossi Putuskan Pensiun Akhir Musim 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya