Thailand Siap Gelar SEA Games 2025, Digelar di 3 Provinsi

SEA Games 2025 digelar pada akhir tahun

Jakarta, IDN Times - Setelah Kamboja, SEA Games akan digelar di Thailand pada 2025 mendatang. Recananya, SEA Games edisi ke-33 itu akan digelar di penghujung 2025.

Gubernur Otoritas Olahraga Thailand (SAT), Gongsak Yodmani, menyatakan SEA Games 2025 tak akan digelar pada pertengahan tahun. Tapi, pihaknya akan menggelar turnamen multievent dua tahunan itu pada 9 hingga 20 Desember 2025 mendatang.

"Bangkok, Chon Buri, dan Songkhla, merupakan provinsi besar yang dilengkapi dengan venue serta personel berkualitas demi menggelar SEA Games," ujar Gongsak dilansir Bangkok Post.

Baca Juga: Kontroversi Timnas U-22 Vs Thailand: Laga Paling Keos di SEA Games

1. Tak bangun venue baru

Thailand Siap Gelar SEA Games 2025, Digelar di 3 ProvinsiThailand U-22 di SEA Games 2023. (Twitter/@Changsuek_TH).

Gongsak menegaskan pihaknya tak perlu membangun venue baru untuk menggelar SEA Games. Sarana dan prasarana yang ada, menurutnya, sudah sangat memadai.

"Tak usah bangun stadion baru atau kampung atlet, cuma memperbaiki yang sudah ada," kata Gongsak.

2. Jaminan transportasi publik yang tertata

Thailand Siap Gelar SEA Games 2025, Digelar di 3 ProvinsiIlustrasi Suasana Bangkok, Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Dia juga menjamin kemudahan mobilitas di tiga host cities SEA Games 2025. Sebab, sistem transportasi di Bangkok, Chonburi, dan Songkhla, sudah trintegrasi dengaan baik.

"Transportasi sudah sangat memadai dan nyaman. Ini akan membuat banyak orang untuk meramaikan turnamen," ujar Gongsak.

Baca Juga: SEA Games 2023: Pencapaian Terbaik Indonesia dalam Satu Dekade

3. Fokus cabor Olimpiade

Thailand Siap Gelar SEA Games 2025, Digelar di 3 ProvinsiPramudya Kusumawardana/Yeremia Erichb Yoche Yacob Rambitan di SEA Games 2023 (dok. PP PBSI)

Terkait cabang olahraga dan nomor pertandingan, Gongsak menjamin kalau nantinya akan fokus pada jalur Asian Games dan Olimpiade.

Artinya, cabor dan nomor yang dipertandingkan berbasis pada Olimpiade. Pun, sesuai dengan aturan, nantinya cuma ada empat olahraga lokal yang akan dipertandingkan di Thailand.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya