SEA Games 2023: Pencapaian Terbaik Indonesia dalam Satu Dekade

Cetak sederet sejarah

Jakarta, IDN Times - Indonesia pada akhirnya mengunci posisi tiga besar klasemen perolehan medali SEA Games 2023, Kamboja. Demi meraih catatan itu, Tim Indonesia mengantongi 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Torehan ini tentu melewati target yang ditetapkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hanya saja, secara peringkat, Tim Indonesia masih tertahan pada posisi tiga. Namun, secara keseluruhan, sebenarnya torehan Indonesia menjadi yang terbaik dalam satu dekade terakhir.

1. Capaian terbaik sejak 2013

SEA Games 2023: Pencapaian Terbaik Indonesia dalam Satu DekadeCdM Kontingen indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. (IDN Times/Tino).

Sejak 2013, atau pasca jadi tuan rumah, Tim Indonesia selalu kewalahan dalam bersaing di papan klasemen medali. Torehan medali emas Tim Indonesia, sejak 2013, tak pernah menyentuh 80 keping. Kini, tren buruk itu terpatahkan.

"Alhamdulillah, Tim Indonesia berhasil mengakhiri SEA Games 2023 dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Terima kasih kepada semua atlet, pelatih, dan ofisial, yang telah berjuang untuk mengibarkan Merah-Putih serta mengumandangkan Indonesia Raya," kata Chief de Mission Indonesia, Lexyndo Hakim, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga: Emas Sepak Bola Sempurnakan Indonesia di SEA Games 2023

2. Jadi juara umum di delapan cabang olahraga

SEA Games 2023: Pencapaian Terbaik Indonesia dalam Satu DekadeAtlet pencak silat Indonesia di SEA Games 2023 (dok.CdM Indonesia SG 2023/Louis Figo)

Skuad Indonesia tak hanya menembus target minimal medali, tapi juga keluar sebagai juara umum di beberapa cabor. Sebanyak delapan cabor dikuasai oleh Tim Indonesia, yakni wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, e-Sports, bulu tangkis, voli, dan angkat besi.

Pencak silat jadi cabor penyumbang medali paling banyak untuk Merah-Putih. Sepanjang turnamen multievent di Kamboja itu, Indonesia meraih 16 medali dari semua kelas dan nomor yang diikuti.

3. Sederet catatan sejarah di SEA Games 2023 Kamboja

SEA Games 2023: Pencapaian Terbaik Indonesia dalam Satu DekadePemain Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta (kiri) dan Fajar Fathur Rachman (kanan) merayakan gol usai membobol gawang Timnas Myanmar saat pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.

Capaian manis lainnya juga terjadi di SEA Games 2023. Beberapa wakil Indonesia berhasil mencetak sejarah.

Cabor hoki dan kriket mencetak sejarah dengan meraih emas pertama kali di SEA Games 2023 di nomor hoki indoor putra dan kriket putri kategori 6s.

Kemudian, dua cabor beregu populer lainnya, basket dan sepak bola, juga mencatatkan hasil manis. Timnas Basket 5x5 Putri untuk pertama kalinya meraih emas. Sementara, Timnas Indonesia U-22 akhirnya menuntaskan dahaga emas yang sudah berlangsung 32 tahun.

Tercatat pula tiga lifter tim Indonesia yang mampu memecahkan rekor SEA Games dari cabor angkat besi. Mereka adalah Eko Yuli Wirawan (kelas 61kg), Rizki Juniansyah (73kg), Rahmat Erwin Abdullah (kelas 81kg).

Baca Juga: 8 Cabor SEA Games 2023 yang Dikuasai Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya