Trik Umpan dan Servis dalam Permainan Voli

Pecinta voli wajib baca!

Jakarta, IDN Times - Voli termasuk olahraga paling populer di Indonesia. Tak peduli lapisan masyarakat mana, voli selalu dimainkan, di kampung hingga komplek perumahan mewah Indonesia.

Memang, main voli itu seru karena mengandalkan kerja sama tim dan kemampuan olah bola. Dipadukan dengan teknik yang mumpuni, voli pastinya enak buat dimainkan dan ditonton.

Makanya, agar kamu jago, perlu keterampilan individu yang harus diasah. Dasarnya adalah umpan dan servis dalam bola voli.

Berikut ini, IDN Times sajikan trik umpan boli mulai dari bawah, atas, hingga servis bawah, dan atas. Yuk simak penjelasannya.

1. Umpan bawah

Trik Umpan dan Servis dalam Permainan VoliPassing bawah (student-activity.binus.ac.id)

Umpan bawah dilakukan dengan dua tangan atau biasa disebut thumb over palm atau dig. Gerakan ini bisa digunakan untuk mengumpan bola pada teman satu tim atau menahan serangan lawan. Umpan bawah juga efektif digunakan untuk mengantisipasi bola spike dari musuh.

Pada teknik ini, posisi kedua lengan menyatu dan kedua telapak tangan membuat kepalan. Kemudian, usahakan bola menyentuh lengan bagian dalam agar mudah dikontrol. Saat menerima bola, usahakan posisi lengan lurus, kaki-kaki terbuka, dan lutut tertekuk.

Namun, umpan bawah juga bisa dilakukan dengan melakukan satu tangan. Hal ini biasanya terjadi ketika bola datang dengan cepat atau terlalu jauh dari jangkauan pemain, sehingga secara refleks menerima bola dengan hanya menggunakan satu kepalan tangan.

Baca Juga: 5 Pemain Voli Pria dengan Bayaran Termahal di Dunia Tahun 2021

2. Umpan atas

Trik Umpan dan Servis dalam Permainan VoliPassing atas (cerdika.com)

Umpan atas biasanya dilakukan jika bola datang dengan cukup tinggi melewati kepala. Pada teknik ini, pemain mendorong bola dengan kedua tangan saat ada di atas kepala. Biasanya teknik ini dilakukan untuk mengumpan ke pemain yang akan melakukan spike ke area lawan.

Umpan atas dilakukan dengan posisi kaki yang direnggangkan dan menekuk lutut. Saat bola datang ke atas kepala, tekuk bagian pergelangan tangan dan posisikan telapak di atas kepala dengan jari-jari direnggangkan. Kemudian, dorong bola hingga melambung sambil diarahkan ke area lawan atau teman satu tim.

3. Servis bawah

Trik Umpan dan Servis dalam Permainan VoliServis bawah (sportstars.id)

Gerakan servis menjadi gerakan awal yang dilakukan untuk memulai permainan. Pemain yang melakukan servis diharuskan memukul bola dari garis belakang lapangan.

Untuk melakukan servis bawah, pemain berdiri dengan kaki tumpuan terkuat, entah kiri atau kanan, di depan dan bagian lainnya di belakang. Lambungkan bola dengan tangan terkuat kamu. Kemudian, ayunkan tanganmu dan pukul dengan telapak tangan mengepal sambil mengerahkan bola ke area lawan.

4. Servis atas

Trik Umpan dan Servis dalam Permainan VoliServis atas (sfidnfits.com)

Sama seperti servis bawah, atas juga dilakukan sebagai tanda mulainya permainan. Namun, servis atas juga dapat dilakukan sebagai teknik menyerang tim lawan.

Dalam melakukan servis atas, pemain fokus melihat bola dan berdiri tegak. Sambil kaki melangkah ke depan, lambungkan bola lalu pukul menggunakan telapak tangan terkuat dengan jari yang rapat. Pukul bola dengan keras dan terarah agar sampai ke area lawan.

Itulah cara melakukan passing dan servis dalam bermain bola voli. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk mempraktekkannya?

Penulis: Ridwan Saleh Fadillah

Baca Juga: 9 Manfaat Sehat Olahraga Voli, Bisa Redakan Stres!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya