Kenalan dengan FIBA, Induk Organisasi Basket Dunia

FIBA punya kekuasaan tertinggi dalam basket dunia

Jakarta, IDN Times - Setiap cabang olahraga pasti memiliki organisasi yang menaunginya. Organisasi ini merupakan sebuah badan yang bertugas sebagai regulator agar seluruh negara bisa menjalankan kegiatan seperti kompetisi dan lainnya dengan baik.

Biasanya, mereka akan mengeluarkan aturan, hingga kebijakan demi mengatur kegiatan dari setiap federasi di negara masing-masing. Untuk basket, ada organisasi tertinggi yang biasa disebut FIBA. Apa kepanjangannya, fungsinya apa saja? Yuk kenalan dengan FIBA.

1. Federation Internationale de Basketball (FIBA)

Kenalan dengan FIBA, Induk Organisasi Basket Duniaperbasi.or.id

FIBA adalah induk organisasi bola basket internasional yang mengatur kegiatan basket internasional. Organisasi ini menetapkan permainan, aturan perlengkapan, lama permainan, beserta wasit dalam pertandingan yang harus dipatuhi oleh seluruh negara dalam basket.

FIBA didirikan pada 18 Juni 1932 dengan nama awal Federation Internationale de Basketball Amateur yang dibentuk oleh berbagai negara seperti Argentina, Italia, Portugal, Republik Ceko, Slovakia, Rumania, Yunani, Latvia, dan Swiss. Awalnya, pertandingan basket hanya diperuntukkan bagi pemain berlevel amatir. Namun, sejak 1989 aturan tersebut berubah sehingga pemain profesional boleh turut bermain.

2. National Basketball Association (NBA)

Kenalan dengan FIBA, Induk Organisasi Basket DuniaGoogle

NBA merupakan wadah sekaligus badan kompetisi basket yang berbasis di Amerika Serikat. NBA dibentuk pertama kali pada 6 Juni 1946 di New York dengan nama awal Basketball Association of America (BAA).

NBA bekerjasama dengan badan organisasi lain yaitu National Collegiate Athletic Association yang memiliki wewenang mengelola turnamen basket lingkup kampus. NBA menerapkan sistem yang cukup unik dengan membagi dua wilayah yaitu Eastern dan Western Conference, dengan masing-masing 15 klub.

3. Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI)

Kenalan dengan FIBA, Induk Organisasi Basket Duniaperbasi

Induk organisasi selanjutnya adalah miliki dalam negeri yang didirikan pada 23 Oktober 1951. Tujuan PERBASI adalah membina dan mengkoordinasi segala kegiatan bola basket di seluruh wilayah Indonesia. selain itu bergerak maju meningkatkan solidaritas serta meningkatkan jiwa nasionalisme tanah air. Mulai 1951 PERBASI mulai dikenal banyak orang karena turut serta berpartisipasi dalam kegiatan yang bersifat nasional, regional dan juga internasional baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca Juga: Waspada, Ketahui Jenis Pelanggaran dalam Basket

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya