5 Macam Senam Irama di Olimpiade

Kamu sudah tahu belum?

Senam menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade. Selain senam artistik dan senam trampolin, senam irama (rhythmic gymnastics) atau senam ritmik jadi cabang senam yang dipertandingkan di olimpiade, termasuk pada Olimpade Tokyo 2020 kemarin.

Cabang senam ini hanya diikuti oleh kategori putri pada ajang internasional. Pesenam juga ternyata bisa menggunakan alat sebagai pelengkap pertunjukkan mereka lho!

Penasaran? Berikut 5 macam senam irama yang diperlombakan di olimpiade berdasarkan alat yang digunakan!

1. Senam Irama dengan Pita

5 Macam Senam Irama di OlimpiadeSenam irama dengan pita (sport.detik.com)

Sesuai namanya, senam irama ini menggunakan pita yang terbuat dari satin atau bahan kain serupa. Kain tersebut kemudian dipasang pada tongkat yang dipegang oleh pesenam dalam menampilkan gerakan-gerakannya.

Pita yang ringan dan panjang memungkin pesenam melakukan gerakan melempar pita ke segela arah. Pita yang dipegang pesenam berfungsi untuk membuat desain di udara dengan berbagai irama.

Desain atau gerakan yang biasanya ditampilkan oleh pesenam adalah gerakan ular, spiral, melempar dan menangkap, melingkar dan desain angka delapan.

2. Senam Irama dengan Bola

5 Macam Senam Irama di OlimpiadeSenam irama dengan bola (sport.detik.com)

Pesenam melakukan gerakan dasar berupa memantulkan, melempar, dan menggelindingkan bola yang berdiameter 18 hingga 20 cm. Bola dibuat dari karet atau bahan sintetis dengan berat minimal 400 gram.

Bola digunakan pesenam untuk menampilkan gerakan yang elegan, sehingga terdapat hubungan "sensual" antara tubuh pesenam dan bola.

Pada cabang senam irama dengan bola ini, pesenam dilarang memegang utuh bola.

3. Senam Irama dengan Simpai (Hoop)

5 Macam Senam Irama di OlimpiadeSenam irama dengan simpai (hoop) (popmama.com

Pesenam melakukan gerakan ayunan, lemparan, dan melewati hoop menggunakan simpai atau hoop  yang terbuat dari kayu atau plastik. Ukuran hoop disesuaikan dengan ukuran pesenam, asalkan tidak melebihi tulang pinggul saat berdirikan di lantai.

Pesenam memerlukan gerakan koordinasi tubuh dan perubahan genggaman pada hoop yang baik. Hal ini membuat hoop menjadi alat senam irama yang memiliki banyak variasi gerakan sekalis memerlukan kemampuan teknis yang bagus.

4. Senam Irama dengan Tongkat

5 Macam Senam Irama di OlimpiadeSenam irama dengan tongkat (suara.com)

Senam irama ini menggunakan tongkat atau gada dengan berat minimal 150 gram. Kemudian, pesenam menampilkan gerakan senam sengan memegang dua tongkat.

Tongkat kebanyakan digunakan oleh pesenam yang memiliki kemampuan ambidextrous atau dapat menggunakan dua tangannya untuk melakukan dua pekerjaan. Sehingga memerlukan koordinasi psikomotorik dan ketepatan.

Gerakan yang bisa ditampilkan dengan tongkat adalah berguling, memutar, melempar, dan menangkap.

5. Senam Irama dengan Tali

5 Macam Senam Irama di OlimpiadeSenam irama dengan tali (irgballet.com)

Pesenam menggunakan tali untuk membuat gerakan berupa ayunan, lingkaran, lompat melewati tali, dan melempar dan menangkap tali.

Pesenam yang menggunakan tali diharuskan untuk lincah dan lentur agar  tercipta keanggunan dari gerakan yang dihasilkan. Selama penampilan, tali harus selalu lurus tanpa adanya lipatan apa pun.

Itulah macam-macam senam irama di olimpiade berdasarkan alat yang digunakannya. Apakah kamu jadi tertarik mempelajari senam irama?

Penulis: Ridwan Saleh Fadillah

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya