Sejarah Tenis Lapangan, Olahraga Bangsawan Eropa

Sekarang gak perlu jadi bangsawan buat main tenis

Jakarta, IDN Times - Tenis adalah salah satu olahraga bola kecil yang dimainkan antara dua pemain atau antara masing-masing dua pasangan. Olahraga ini menggunakan raket untuk memukul bola yang terbuat dari karet. Tujuan olahraga ini adalah dengan memukul sedemikian rupa sehingga lawan tidak bisa mengembalikannya.

Merujuk pada Merriam-Webster, tenis adalah olahraga dalam ruangan atau luar ruangan yang dimainkan dengan raket dan bola elastik ringan oleh dua pemain atau dua pasang pemain di lapangan yang datar seperti tanah atau rumput dan dibagi dengan net yang rendah.

Olahraga tenis juga jadi dipertandingkan di Olimpiade. Tenis juga dapat dimainkan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang menggunakan kursi roda. Ini terbukti dengan adanya wheelchair event disetiap turnamen Grand Slam.

Lalu bagaimana sejarah serta awal mula tenis lapangan dari awal hingga sekarang? IDN Times sudah merangkum sejarah tenis lapangan untuk kamu!

1. Awalnya dimainkan tanpa raket

Sejarah Tenis Lapangan, Olahraga Bangsawan EropaSejarah awal mula tenis lapangan (tennis-uni.com)

Walaupun masih belum dapat dipastikan awal mula olahraga tenis, namun beberapa bukti menemukan kata 'tenis' merujuk pada sebuah kota di tepi sungai Nil bernama Tinnis. Kemudian kata 'raket' dikembangkan dari rahat dalam bahasa Arab yang berarti 'telapak tangan'. Pada masa lalu, tenis memang dimainkan dengan cara memukul bola menggunakan telapak tangan.

Sebagian sejarawan pun meyakini permainan tenis kuno yang dimainkan di Prancis bagian utara pada abad 12 dimainkan dengan memukul bola menggunakan telapak tangan. Di Prancis, nama permainan ini dinamakan jeu de paume yang berarti 'permainan telapak tangan'.

Baca Juga: Aksi Impresif Jawa Timur Sapu Bersih Emas Tenis PON XX Papua

2. Pemain tenis pertama

Sejarah Tenis Lapangan, Olahraga Bangsawan EropaLouis X Raja Prancis (wikipedia.org)

Raja Louis X dari Prancis menjadi penggemar jeu de paume. Dia juga jadi orang pertama yang membangun lapangan tenis dalam ruangan karena tidak suka bermain di luar. Pembangunan lapangan tenis indoor ini dilakukan di Paris sekitar akhir abad 13.

Sayangnya, setelah permainan tenis yang melelahkan, Louis X meminum banyak sekali anggur dingin yang membuatnya meninggal karena radang paru-paru. Karena kematiannya, Louis X dinobatkan sebagai pemain tenis pertama dalam sejarah.

3. Sejarah kata tenis dan mulai digunakannya raket

Sejarah Tenis Lapangan, Olahraga Bangsawan EropaRaket tenis dan bola tenis (tennis-uni.com)

Pada abad 16, barulah penggunaan kata tenis yang berasal dari kata 'tenez'  digunakan. Kata tenez adalah kata seru dalam bahasa Prancis lama yang diartikan "tahan!", "terima!", atau "ambil!". Kata tenez biasa diucapkan saat pemain melakukan servis.

Pada abad ini pula raket bersenar digunakan dalam permainan bola tenis yang diciptakan oleh Antonio da Scalo, seorang pastor berkebangsaan Italia.

4. Popularitas menanjak

Sejarah Tenis Lapangan, Olahraga Bangsawan EropaKomplek klub tenis Wimbledon (skysports.com)

Dengan berkembangnya tenis, semakin populer pula permainan tenis di Prancis dan Inggris. Bahkan, tenis mengalahkan popularitas permainan croquet yang sebelumnya terkenal di Inggris.

Banyak klub tenis yang didirikan di Inggris dan Prancis, salah satunya adalah Wimbledon yang kita kenal sebagai salah satu turnamen Grand Slam di Inggris. Dari banyaknya klub tenis inilah kemudian banyak pemain tenis profesional bermunculan.

5. Era modern

Sejarah Tenis Lapangan, Olahraga Bangsawan EropaTenis era moderan (dubaidutyfreetennischampionships.com)

Saat ini, tenis telah berinovasi. Inovasi tersebut membuat permainan tenis menjadi lebih cepat, atlet tenis pun menjadi lebih atletis, dan inovasi bermunculan di berbagai sektor.

Tenis juga mengalami komersialisasi, dengan adanya kerja sama antara atlet dengan brand olahraga terkenal dunia. Hal ini tentu menjadi daya tersendiri di dunia tenis.

Itulah ulasan mengenai sejarah tenis lapangan dari waktu ke waktu. Olahraga yang dahulu hanya dimainkan oleh bangsawan ini kemudian menjadi permainan yang bisa dimainkan oleh berbagai kalangan. Tertarik untuk mencoba tenis?

Baca Juga: Dari Sepak Bola hingga Tenis, Ini 10 Atlet Paling Populer di Dunia 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya