3 Teknik Menangkap Bola dalam Permainan Softball   

Ketahui 3 teknik menangkap bola dalam permainan softball

Penangkapan bola dalam olahraga softball dilakukan untuk menerima bola yang datang dari rekan satu tim saat permainan berlangsung. Menangkap bola dilakukan dengan perlengkapan softball yaitu glove atau sarung tangan. Penangkapan ini dilakukan sesaat setelah bola berhasil dipukul oleh batter (pemukul) dari tim lawan.

Menangkap bola dalam permainan softball tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Agar memudahkanmu untuk membedakan teknik-teknik dalam olahraga softball, berikut IDN Times telah rangkum 3 teknik menangkap bola dalam permainan softball.

1. Teknik menangkap bola lurus

3 Teknik Menangkap Bola dalam Permainan Softball   ilustrasi olahraga softball (pexels.com/mark-milbert-67886347)

Untuk melakukan teknik menangkap bola dalam permainan softball ini kamu perlu melatih badan agar tidak kaku. Arah pandang fokus tertuju kepada bola dan koordinasi kedua tangan yang sigap diperlukan dalam teknik melempar ini. Untuk melakukannya, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

a. Posisi tubuh berdiri dengan kaki sedikit ditekuk ke arah bawah dan arahkan glove ke depan pelempar.

b. Gerakan tubuh menuju arah datangnya bola.

c. Segera tangkap bola dengan glove yang terpasang dan tarik menuju arah badan agar bola yang telah tertangkap tidak memantul ke arah luar.

d. Segera setelah bola tertangkap, tangan yang lain kemudian memegang bola dengan ingap agar bola dapat dilempar ke sasaran setelah bola ditangkap.

2. Teknik menangkap bola bergulir (ground ball)

3 Teknik Menangkap Bola dalam Permainan Softball   ilustrasi pria bermain softball (unsplash.com/daijiumemoto)

Teknik selanjutnya yang harus kamu kuasai adalah menangkap bola bergulir. Penangkapan bola bergulir ini diperlukan inisiatif dari pemain untuk menjemput bola, tidak menunggu datangnya bola. Dalam melakukan teknik ini kamu bisa mencoba urutan berikut.

a. Posisi tubuh siaga dengan penuh konsentrasi dengan posisi kaki agak melebar.

b. Letakkan kedua lengan di bagian depan badan dengan posisi siap menangkap.

c. Arahkan pandangan lurus menuju datangnya bola.

d. Jemput bola saat mulai mendekat dengan merendahkan kedua lutut untuk menangkap bola pelan. Jika bola datang dengan kecepatan yang tinggi, lakukan sikap jongkok dengan posisi satu lutut menumpu tanah.

e. Setelah itu, kamu bisa merendahkan kedua tangan dan julurkan di bagian depan kaki kiri sampai glove mengarah pada bola.

f. Saat bola sudah mulai masuk ke area glove segera tutup dengan tangan lain.

3. Teknik menangkap bola lambung (fly ball)

3 Teknik Menangkap Bola dalam Permainan Softball   ilustrasi bermain softball (pixabay.com/KeithJJ)

Teknik menangkap bola dalam permainan softball yang terakhir adalah menangkap bola dengan teknik lambung. Urutan dari teknik yang dipukul lawan secara lambung adalah sebagai berikut.

a. Saat melakukan penangkapan, gerakan tangan lurus ke arah bola yang berada tetap di bagian depan atas kepala.

b. Sesaat setelah bola telah tertangkap, segera tarik lengan dan glove ke arah badan yang lain agar bola tidak terlepas dari genggaman.

c. Persiapkan lemparan bola ke arah sasaran lain dengan memegang bola dengan tangan kanan.

Demikian beberapa teknik menangkap bola dalam permainan softball. Meski terlihat sederhana, namun menangkap bola juga memiliki strategi dan tekniknya tersendiri, ya.

Baca Juga: 3 Teknik Melempar Bola Softball yang Penting Dipelajari

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya