Comscore Tracker

Yuk, Ketahui 5 Teknik Operan Basket

Teknik yang bisa kamu gunakan saat bermain bola basket

Jakarta, IDN Times - Basket jadi salah satu olahraga yang digandrungi oleh anak muda di Indonesia. Segala kalangan, main basket, mau jago atau tidak, mereka percaya diri memainkannya. Tapi, biar lebih jago, kamu harus tahu cara mengoper bola dalam permainan basket.

Ada banyak jenis operan dalam basket. Operan-operan ini punya fungsinya masing-masing. Berikut lima teknik operan basket yang dirangkum IDN Times buat kamu pelajari.

1. Chest pass

Yuk, Ketahui 5 Teknik Operan Basketinstagram/eunwo.o_c

Teknik operan ini meletakkan bola basket dengan kedua tangan searah dada. Untuk melakukan teknik ini, pertama-tama kamu harus memosisikan kedua kaki selebar bahu dengan lutut yang sedikit ditekuk. Lalu, kedua tangan memegang bola di depan dada dan siku dibengkokkan.

Setelah mengambil posisi tersebut, kamu bisa melempar bola basket dengan menarik bola ke arah dada. Lalu, lakukan tolakkan bola ke depan dengan meluruskan kedua siku. Pastikan kamu berkonsentrasi penuh dan pandangan lurus ke depan saat melempar bola dengan teknik ini.

2. Over head pass

Yuk, Ketahui 5 Teknik Operan Basketgoogle

Lemparan di atas kepala ini biasanya digunakan ketika memberikan operan kepada pemain dengan jarak yang cukup jauh ketika lawan menempel kita. Teknik ini juga bisa kamu gunakan ketika menembakkan bola langsung ke arah ring. Teknik over head pass ini bertujuan untuk menghindari jangkauan tangan dari lawan.

Untuk melakukan teknik ini, kamu bisa berdiri dengan salah satu kaki ke depan dengan kaki dibuka selebar bahu. Pegang bola di atas kepala dengan menggunakan tangan. Saat melempar, tarik bola yang awalnya ada di atas kepala ke arah belakang kepala. Lalu kamu bisa berkonsentrasi membidik ring dan siap untuk memasukkan bola ke dalam keranjang.

Baca Juga: Trik Pivot yang Benar, Biar Lincah dan Jago di Basket

3. Bounce pass

Yuk, Ketahui 5 Teknik Operan BasketNBA.com

Teknik bounce pass atau pantulan juga sering ditemukan di basket. Tujuan dari teknik melempar ini adalah menghindari pandangan dari pemain yang berpostur tinggi dan menerobos pertahanan lawan.

Untuk melakukan teknik operan ini, kamu harus memosisikan kaki dibuka selebar bahu dengan lutut yang sedikit ditekuk. Condongkan badan ke depan dengan kedua tangan memegang bola di depan dada dengan siku dibengkokkan.

4. Baseball pass

Yuk, Ketahui 5 Teknik Operan BasketAksi Putra Wijaya (11) pemain asal Sulawesi Selatan saat berusaha menembakkan bola dalam babak penyisihan basket putra 3x3 melawan Papua yang berlangsung di Mimika Sport Complex, Selasa (12/10/2021). PB PON XX PAPUA/Faisal Adrian

Teknik selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah mengoper yang dilakukan di atas kepala dengan tujuan agar bola melambung dan melewati lawan. Teknik ini sering juga disebut operan jarak jauh. Teknik ini biasanya dilakukan lebih dari setengah panjang lapangan.

5. Behind the back pass

Yuk, Ketahui 5 Teknik Operan Basketpinterest

Teknik terakhir yang bisa kamu gunakan adalah mengoper bola dengan melempar melalui belakang punggung. Teknik ini cukup rumit digunakan oleh para pemula dan butuh latihan tekun dan berulang agar bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar.

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Posisi Pemain di Basket

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya