Mendominasi, Jepang Kirim 4 Ganda Putri ke Perempat Final All England 2018

Sayangnya ganda putri Indonesia sudah habis

Gelaran Yonex All England Open telah memasuki babak perempat final. Indonesia menempatkan tiga wakilnya di babak ini. Mereka adalah juara bertahan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, serta dua ganda campuran atas nama Praveen Jordan/Deby Susanto dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Indonesia sebenarnya berpeluang menambah wakil di nomor ganda putri lewat Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani. Sayang, kedua andalan tanah air ini dijegal wakil Jepang.

Jepang memang terkenal memiliki deretan pemain-pemain putri tangguh yang menjadi kekuatan utama dunia. Bahkan, mereka memiliki tiga pasang yang masuk jajaran 10 besar peringkat dunia, dikutip dari tournamentsoftware.com. Di All England ini pun mereka begitu mendominasi. Dari delapan slot perempat final, separuhnya diisi ganda putri Jepang.

Siapa saja mereka? Gak perlu penasaran, ini daftarnya!

1. Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi

Mendominasi, Jepang Kirim 4 Ganda Putri ke Perempat Final All England 2018bwfbadminton.com

Matsutomo/Takahashi merupakan pelopor ganda putri Jepang di era modern. Jika dulu putri-putri Jepang lebih sering memainkan pukulan lob yang cenderung membosankan dan kurang bisa bersaing, lain halnya dengan pasangan satu ini.

Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro ini mengandalkan serangan dan defend yang kuat. Matsutomo sebagai play maker dapat menjalankan tugasnya dengan baik di area depan dengan pukulan-pukulan sertta block taktisnya. Begitu juga dengan Takahashi dengan smash kerasnya dari lini belakang.

Di All England ini, Misaki/Ayaka diunggulkan di tempat ke dua. Pada babak R2 kemarin, mereka berhasil mengubur mimpi andalan Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta dengan skor 21-12 21-14, dilansir dari tournamentsoftware.com.

Selanjutnya di babak perempat final akan menantang rekan senegaranya, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara. Ini akan jadi misi balas dendam bagi Misaki/Ayaka yang menderita kekalahan di French Open 2017 dari juniornya ini.

2. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota

Mendominasi, Jepang Kirim 4 Ganda Putri ke Perempat Final All England 2018bwfbadminton.com

Ganda putri selanjutnya yang juga lolos adalah Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Fukushima/Hirota lolos ke perempat final setelah menundukkan wakil Korea, Kim So Yeong/Hee Yong Kong dengan skor akhir 21-13 21-13. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dari Thailand untuk memperebutkan tiket semifinal.

Fukushima/Hirota minggu lalu baru saja menjuarai German Open. Jadi tak heran jika mereka kembali memasuki babak-babak akhir di All England ini.

3. Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto

Mendominasi, Jepang Kirim 4 Ganda Putri ke Perempat Final All England 2018bwfbadminton.com

Juara Dubai Super Series Finals 2017, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto ikut memperkuat squad Jepang di babak perempat final. Shiho/Koharu melesat ke babak delapan besar setelah mengubur ambisi Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani.

Shiho/Koharu menang meyakinkan dengan skor 21-18 21-14 dalam tempo 41 menit. Hasil ini sekaligus membalas kekalahannya yang terjadi di Taipei Grand Prix Gold 2015 silam. Pada laga perebutan tiket semifinal, ujian berat menghadang unggulan 5 ini.

Adalah juara dunia 2017, Chen Qingchen/Jia Yifan yang akan menjadi lawannya. Kira-kira siapa yang akan memenangkan duel sengit ini?

4. Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara

Mendominasi, Jepang Kirim 4 Ganda Putri ke Perempat Final All England 2018bwfbadminton.com

Lolosnya Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara ke perempat final cukup mengejutkan. Tercatat, tahun ini Matsumoto/Nagahara baru mengikuti satu turnamen, yaitu German Open yang berakhir minggu lalu. Mereka terhenti di babak 16 besar setelah dihentikan kompatriotnya, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Perjalanan Matsumoto/Nagahara ini cukup unik lantaran mereka berhasil mengandaskan kakak beradik dari Bulgaria, Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva. Seperti yang kita tahu, duo Stoeva ini yang menghancurkan hati jutaan masyarakat Indonesia karena telah ‘mengusir’ Greysia Polii/Apriyani Rahayu di babak pertama.

Menarik memang menerka siapa yang akan menjuarai All England sektor ganda putri.

Siswa Edu Photo Writer Siswa Edu

Pemimpi besar yang selalu percaya akan adanya kemudahan dari sang pencipta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya